Senin,4 April 2016 16:00 WIB

Penulis: Bagja

Toyota Sienta vs Honda Freed: Saling Membunuh Atau Besar Bersama

Foto: ilustrasi

Sienta vs Freed

Jakarta - Awal tahun lalu, Honda Freed mungkin jadi salah satu MPV yang terlupakan. Namun begitu rencana hadirnya Toyota Sienta mencuat, Honda Freed pun mulai terangkat lagi.

Dan benak kita secara otomatis akan langsung membandingkan Sienta dengan Honda Freed, dengan berbagai prediksi kalau jagoan Toyota ini akan membunuh Honda Freed yang sampai saat ini masih eksis--meski terkesan hidup segan mati tak mau.

Namun bukan tanpa alasan juga Toyota menghadirkan Sienta di Tanah Air, apalagi melihat kondisi Honda Freed. Sehingga, bisa jadi keduanya bukan saling membunuh, tapi malah membesar bersama. Ya, setidaknya dengan adanya Sienta segmen mini van bisa lebih besar.

Selama ini segmen mini van terbilang kecil. Alasan ini juga yang membuat kedua pabrikan Honda dan Toyota seolah sama-sama tidak mau beradu. Entah saling mengelak dan saling menghindar untuk memberikan komentar.

Honda Prospect Motor (HPM) seolah masih mengacuhkan Toyota Sienta. Direktur Marketing dan Aftersales Service, Jonfis Fandy pun masih enggan mengomentari rencana hadirnya Toyota Sienta.

"Freed masih baik-baik saja. Soal Sienta no comment. Pasar segmen ini memang kecil, jadi fokus kami lebih baik ke mobil-mobil baru seperti BR-V," ujarnya.

Toyota pun cenderung tidak akan dan tidak mau beradu dengan Honda Freed. GM Corporate Planning dan Public Relation-nya saat itu, Widyawati Soedigdo pernah mengatakan kalau Sienta bukan lawannya Honda Freed karena beda segmen.

“Sienta belum ada segmennya di Indonesia. Di Jepang sendiri, Sienta tak hanya sebagai mobil penumpang, tapi juga niaga. Sedang Freed murni mobil keluarga. Jadi beda segmen," beber wanita yang akrab disapa mbak Wied ini.

Jadi, meski masyarakat yang nantinya bakal menentukan, namun hadirnya Sienta bisa jadi malah menguntungkan Honda Freed. Pamornya bisa kembali naik, apalagi kalau Honda menyegarkan Honda Freed--kabarnya sebentar lagi hadir di Jepang.

Kedua mini van ini bisa jadi akan saling bahu membahu untuk meningkatkan dan membesarkan segmen mini van yang selama ini seolah diacuhkan, karena pasarnya yang kecil. 

Dan kalau Sienta berhasil menarik minat masyarakat, nantikan saja, tak hanya Honda Freed yang disegarkan, pabrikan lain pun bisa jadi ikut menghadirkan mobil mini van pintu geser.

EDITOR

Bagja

Top