Rabu,13 Jan 2016 13:00 WIB

Penulis: bagja

Tren City SUV: Suzuki Jimny Bakal Hidupkan Lagi Tren City SUV

Foto: Suzuki

Suzuki Jimny

Jakarta - Tren City SUV sudah lama menghilang di Tanah Air, setelah terakhir diwakili Suzuki Jimny di era 90an. Namun, rencana hadirnya kembali Suzuki Jimny ke Indonesia bakal turut menciptakan tren City SUV.

Apa sih City SUV? Sederhananya ya SUV yang cocok untuk perkotaan. Bodinya kompak sehingga leluasa di lalu lintas yang padat. Bensin irit, sehingga tak khawatir terjebak macet. Dan anda tidak akan terintimidasi dengan kendaraan lain yang lebih besar, sebagaimana kalau menggunakan citycar.

Semua yang dibutuhkan untuk mobilitas di kota besar bakal dipenuhi sebuah SUV, namun bukan sembarang SUV. Setidaknya Suzuki Jimny bisa memenuhi semua itu. Daripada harus menggunakan Toyota Fortuner atau Suzuki Vitara untuk ke kantor, jelas jauh lebih efisien pakai Suzuki Jimny.

Suzuki Jimny
Suzuki Jimny efektif di perkotaan sebagai City SUV

Apalagi kedatangan Jimny di Tanah Air dipermudah dengan tren SUV yang sedang naik daun. Suzuki bisa 'nyeleneh' sendirian dengan menampilkan SUV mini. Bukan tidak mungkin menjadi tren, karena kepraktisan, keluwesan dan efisiensi bahan bakarnya, dibanding SUV pada umumnya, yang berbodi bongsor.

"Wah serius Suzuki Jimny mau masuk lagi ke Indonesia? Asik tuh, kayak dulu harganya murah termasuk spare part juga murah, bensin irit, bodi enteng dan tangguh. Ya buat di kota-kota doang sih enak banget ini mobil bakalan," komentar Parwata yang sampai hari ini masih mengoleksi Suzuki Jimny SJ420 lansiran tahun 1985 ini.

Sedangkan Fauzir asal kota Medan, yang juga aktif mengikuti berbagai ajang Offroad, selalu mengandalkan Suzuki Jimny sebagai tunggangannya. "Jadi kebayang offorad pakai Jimny modern. Tapi memang mobil ini gampang di modifikasi. Semoga yang baru juga begitu. Dikota tetap gaya dan gagah, mau diajak offroad gak masalah," ujarnya.

Suzuki Jimny
Suzuki Jimny

Mungkin diluaran sana masih banyak lagi masyarakat yang merindukan kembali berada dibalik kemudi Suzuki Jimny. Setidaknya sebagai mobil harian yang digunakan di perkotaan. Kondisi permukaan jalan di Indonesia yang banyak rusak, bahkan banjir sekalipun bakal diladeni dengan baik bersama Suzuki Jimny.

Karenanya, kehadiran Suzuki Jimny ke Indonesia diprediksi bakal menghidupkan lagi kejayaan SUV mini, yang bukan tidak mungkin juga menyasar calon konsumen yang tadinya berniat membeli citycar. Suzuki Jimny punya semua hal yang bakal membuat mereka berpaling dari citycar.

Dan apakah tahun ini merupakan tahun dimulainya kembali tren City SUV? Hanya Suzuki yang bisa memastikan hal tersebut dengan jagoannya Suzuki Jimny. 

EDITOR

Bagja

Top