Selasa,10 Jan 2017 11:10 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Turunan BR-V, Honda Mobilio Facelift Bakal Ketambahan VSA dan HSA?

Foto: Honda

Berdasarkan informasi seorang sales diler Honda di Jakarta, Honda Mobilio Facelift akan ketambahan fitur safety VSA dan HSA

Jakarta - Jadi salah satu volume maker PT Honda Prospect Motor (HPM), pembicaraan soal Honda Mobilio Facelift yang bakal segera diluncurkan memang tidak ada habisnya. Kali ini, diindikasikan Honda Mobilio Facelift yang menjadi MPV 7-seater termurah PT HPM akan ketambahan VSA dan HSA, diturunkan langsung dari BR-V.

Rumor soal masuknya kedua fitur safety canggih VSA dan HSA ini ke dalam Honda Mobilio Facelift yang akan segera meluncur 12 Januari 2017 mendatang beredar dari informasi salah seorang sales diler Honda di Jakarta yang kemudian ramai dibicarakan di media sosial.

Bagi yang masih asing, VSA merupakan Vehicle Stability Assist, fitur keselamatan yang dikembangkan dari traction control untuk menjaga keempat traksi roda pada setiap waktu agar terhindar dari selip di medan licin maupun understeer ketika menikung terlalu kencang. Jangan bingung, VSA sama kok dengan ESC atau Electronic Stability Control.

Sedangkan HSA merupakan kependekan dari Hill Start Assist, yang dapat membantu mobil start dari tanjakan agar tidak menggelinding ke bawah ketika pengemudi melepas pedal rem dan pindah ke pedal gas.

Honda BR-V VSA
Fitur VSA dan HSA terlebih dahulu hadir di Honda BR-V

Kedua fitur VSA dan HSA yang diekspektasi akan hadir di Honda Mobilio Facelift 12 Januari mendatang lebih dahulu hadir pada segmen menengah ke bawah di Honda BR-V, yang masih satu platform dengan Mobilio.

Memang bukan fitur safety yang sangat advanced, namun kehadirannya di segmen low pada kendaraan yang beredar di Indonesia akan selalu diapresiasi. Pasalnya, rival sekelas seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina belum dilengkapi fitur seperti VSA dan HSA ini.

EDITOR

Fransiscus Rosano

Top