Kamis,23 Juni 2016 07:30 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Unjuk Teknologi, Honda Clarity Fuel Cell Bakal Mejeng di GIIAS 2016

Foto: Sano

Honda Clarity Fuel Cell akan ditampilkan di GIIAS 2016

Jakarta - Selain akan membawa line up mobil yang sudah dijual di Indonesia, rupanya PT Honda Prospect Motor mempunyai kejutan untuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan diadakan Agustus nanti.

Bukan Civic Type R, bukan NSX. Tetapi, salah satu Honda yang sudah menggunakan teknologi tercanggih yang disebut fuel cell yang akan dibawa. Ya, benar, Honda Clarity Fuel Cell akan datang ke GIIAS 2016!

"Honda Clarity merupakan sebuah ultimate green car karena mempunyai emisi nol. Bukan nol koma sekian, tetapi benar-benar nol, karena hasil pembuangannya berupa air," ujar Jonfis Fandy, Direktur Marketing Aftersales di acara Honda Media Gathering Mid Year 2016.

Namun jangan berlimpah senang dulu. Mengingat infrastruktur bahan bakar hidrogen yang bisa dibilang sama sekali siap di Indonesia, PT Honda Prospect Motor jelas bukan membawa Clarity Fuel Cell untuk dijual di Indonesia.

"Yang jelas kita bawa Clarity Fuel Cell bukan untuk jualan, tetapi kita sesuaikan dengan tema untuk Gaikindo, Smart Mobility for the Future," jelas Jonfis.

Mobil ini sendiri dibawa menanggapi banyaknya perbincangan soal green technology di Indonesia akhir-akhir ini, bahkan sempat adanya wacana dari pemerintah untuk memberikan insentif untuk mobil hijau.

"Kami dari Honda ingin menunjukkan, ultimate green car itu adalah fuel cell. Teknologi ini sudah ada di dunia dan mudah-mudahan ke depannya bisa diaplikasikan ke Indonesia juga," tambah Jonfis lagi.

Clarity Fuel Cell
Honda Clarity Fuel Cell mempunyai jarak tempuh terjauh untuk mobil hidrogen yaitu 750 km

Bagi yang belum familiar, Honda Clarity Fuel Cell merupakan percobaan kedua Honda membuat mobil dengan bahan bakar hidrogen. Setelah mobil fuel cell hidrogen pertamanya, FCX Clarity pertama hadir di tahun 2008.

Kelebihan yang ditawarkan adalah sistem kerjanya yang mengubah gas hidrogen terkompresi menjadi daya untuk motor listrik via fuel cell, sedangkan O2 yang terpecah dikeluarkan sebagai produk sampingan dalam bentuk air.

Honda Clarity Fuel Cell diklaim menjadi sedan fuel cell pertama dengan 5-seater di dunia. Selain itu, jarak berkendara hingga 750 km juga diklaim menjadi yang terjauh. Kelebihan lain berupa waktu charge hidrogen yang hanya 3 menit, output besar hingga 138 dk dan kabin terlega di kelasnya.

 

EDITOR

Bagja

Top