Rabu,5 Agust 2015 10:06 WIB

Penulis: bagja otomobil

VW Rebut Predikat Pabrikan Terbesar di Dunia dari Toyota

Foto: Reuters

VW Rebut Predikat Pabrikan Terbesar di Dunia dari Toyota


Wolfsburg - Setengah tahun 2015 sudah menjadikan Volkswagen (VW) sebagai pabrikan terbesar di dunia, mengalahkan Toyota. China menjadi ladang kemenangan VW dengan sumbangan penjualan mencapai sepertiga dari keseluruhan jualan global VW.

Sampai dengan Juli 2015, pabrikan Jerman tersebut melaporkan penjualan semester pertama 2015 sebanyak 5.040.000 unit. Angka tersebut sebenarnya hanya beda tipis dengan penjualan global Toyota setengah tahun pertama yang mencapai 5.020.000 unit.

Namun, predikat pabrikan terbesar di dunia yang disandang VW saat ini masihlah rentan, sebab VW masih sangat bergantung pada pasar China. "Ketergantungan pada China merupakan  titik lemah VW, dan mengelola kelompok besar pasti menimbulkan masalah," ujar Stefan Bratzel, head of the Center of Automotive Management think-tank.

Selama dipimpin Martin Winterkorn sebagai CEO VW Grup, pabrikan Jerman ini memang punya ambisi penjualan besar, diwujudkan dengan terus menambahkan merek dan pabrik di China. Sedangkan secara keseluruhan, ada 310 model dan hampir 120 pabrik di seluruh dunia. Sangat besar dan sangat berpotensi mengalami kerugian.

Sedangkan Toyota sendiri, bukan berarti aman-aman saja. Perlambatan pertumbuhan ekonomi dan daya beli khususnya di negara-negara berkembang dan peningkatan pajak pada kendaraan mini Jepang, turut membuat volume penjualan Toyota menyusut perlahan. (mobil.otomotifnet.com)
Top