Selasa,16 Feb 2016 12:30 WIB

Penulis: Bagja

Waduh, Xenia Sebentar Lagi Bisa Kesalip Datsun GO+ Panca

Foto: Uut

Kabin Ekstra Bikin Datsun GO+ Panca Terasa Luas

Jakarta - Dua mobil ini memang beda segmen, meski kalau dilihat sama-sama berjenis MPV. Dari segi apapun juga keduanya tetap beda, mulai dari harga yang jauh bedanya, mesin juga beda, sampai asupan fitur-fiturnya.

Kalau Xenia berada disegmen low MPV, sementara Datsun GO+ Panca ada di segmen LCGC. Dari segi hasil penjualan pun, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melaporkan kalau Xenia lebih banyak jualannya dari Datsun GO+ Panca.

Namun, kalau melihat lebih detail hasil penjualan keduanya, Daihatsu Xenia harus lebih waspada. Sebab dengan penjualan sebanyak 2.499 unit, low MPV andalan Daihatsu ini hanya beda 281 unit dari Datsun GO+ Panca yang terjual sebanyak 2.218 unit.


Penjualan Xenia vs GO+ Panca berdasarkan laporan GAIKINDO:

Daihatsu Xenia 2.499 unit
Datsun GO+ Panca 2.218 unit


Apakah masyarakat Indonesia sudah benar-benar hanya melihat mobil dari harga jualnya? Sepertinya tidak juga. Tapi kemungkinan besar jumlah pembelian yang lebih banyak pada Datsun GO+ Panca juga dipicu pada kejenuhan pada low MPV, disertai tawaran harga yang menggiurkan pada Datsun GO+ Panca.

Hasil ini juga bisa menunjukkan kalau low MPV sudah menunjukkan kejenuhan, sehingga membuka potensi besar pada mobil-mobil LCGC 7 penumpang yang akan menjadi primadona baru masyarakat--bukan tidak mungkin hadir sebagai pengganti low MPV yang harganya makin tidak terjangkau.

Meski beda segmen, Daihatsu tetap harus menyelamatkan Xenia. Meski kita tau, kabar kalau LCGC 7 penumpang sedang dipersiapkan untuk melawan Datsun GO+ Panca. 

EDITOR

Bagja

Top