Minggu,26 Juni 2016 21:45 WIB

Penulis: Ferdi Julias Chandra

Wow, Mobil Autonomous Nissan ProPilot Siap Mengaspal Tahun 2020

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Teknologi autonomous menjadi terobosan revolusioner, sejumlah pabrikan mobil dunia berlomba-lomba mewujudkannya

Jakarta - Sebuah kejutan datang dari Nissan Motor Co yang rencananya akan meluncurkan mobil otomatis yang bisa nyetir sendiri atau biasa disebut dengan autonomous. Ada 3 tahapan proses yang ditujukan untuk persiapan peluncuran kendaraan perkotaan ini. Diberi nama Nissan ProPilot siap mengaspal tahun 2020 mendatang.

Seperti dikutip dari situs Automotive News, mobil autonomous Nissan ProPilot siap mengaspal tahun 2020 dengan 3 negara tujuan awal, yaitu Amerika Serikat, Cina, dan Eropa. Sayangnya, pabrikan mobil asal Jepang itu tidak mengumumkan jenis autonomous yang akan diluncurkan.

Carlos Ghosn, CEO Nissan Jepang mengatakan, mereka akan membekali mobil autonomous Nissan ProPilot dengan 2 teknologi sekaligus, yaitu self driving cars dan mobil bertenaga listrik.

Kedua teknologi tersebut diberi nama ProPilot yang di desain agar mobil dapat berjalan secara otomatis pada jalurnya dan juga disesuaikan dengan tipikal jalan perkotaan yang menuntut stop-and-go.

"Kendaraan listrik ini juga akan memenuhi kebutuhan konsumen dengan efisiensi bahan bakar," ujar Carlos (24/6).

Ia melanjutkan, mobil otomatis tersebut juga menggunakan sistem e-Power yang mendukung kelincahan, tenaga, dan akselerasi yang baik.

Setelah itu, jika baterai mobil habis, bahan bakar di dalam mesin akan menggantikan baterai yang dapat membuat mobil bertahan lebih lama.

ProPilot rencananya akan lebih dahulu diperkenalkan pada tanggal 31 Maret 2017 dan akan meluncurkan lebih dari 10 autonomous dalam 4 tahun kedepan.

EDITOR

Harryt MR

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top