Selasa,29 Sept 2015 17:02 WIB

Penulis: bagja otomobil

Wuih, Bakal Hadir Suzuki Ertiga Hybrid!

Foto: Bagja

Wuih, Bakal Hadir Suzuki Ertiga Hybrid!


Jakarta - Suzuki siap menggebrak pasar dengan low MPV andalannya yang bakal disematkan sistem hybrid untuk mesin dieselnya. Sayangnya, rencana ini hanya untuk pasar di India. Namun, sistem hybrid murah dari Suzuki sudah mulai diterapkan.

Ya, SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Di India pertamakali disematkan pada Suzuki Ciaz. Indonesia sendiri sempat memajang mesin hybrid ini di pameran otomotif nasional tahun ini. 

Suzuki punya sesuatu yang beda pada mesin yang disebut hybrid ini. Sistem ini memungkinkan peran pembantu gerak mobil dilakukan oleh ISG (Integrated Starter Generator) dimana dengan sokongan aki dan baterai lithium ion, ISG akan membantu pergerakan mobil saat akselerasi agar konsumsi BBM bisa dikurangi.

Sistem SHVS juga bisa mematikan mesin mobil secara otomatis saat berhenti total dan kembali dinyalakan saat mau jalan. brake energy recuperation bertugas untuk mengisi ulang baterai. Juga ada start/stop system dan torque assist.

Menariknya, Suzuki menawarkan transmisi otomatis 4 speed pada versi mesin bensin. Mesin yang sama dengan di Indonesia, K14B berkapasitas 1.4 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 92 dk dan torsinya 130 nm. Sementara semua varian bakal mendapat transmisi manual 5 speed sebagai standar. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top