Rabu,17 Feb 2016 12:00 WIB

Penulis: Bagja

Tematis Mobil China di Indonesia

Wuling, Si Pendatang Baru yang Ingin Lekas Besar

Foto: SGMW

Wuling Hongguang

Jakarta - Rencana kehadiran Wuling di Indonesia paling manarik perhatian dan pemberitaan. Sebab begitu ambisiusnya merek China yang patungan bersama SAIC dan GM ini untuk melakukan penetrasi di pasar otomotif Indonesia.

Tak hanya andalkan produk murah, tapi juga fasilitas produksi yang akan didukung komponen lokal. Ground breaking pabrik di Bekasi pada Agustus 2015. 

Presiden Direktur SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun mengatakan pihaknya menargetkan pabrik berproduksi pada Juli 2017. Jika telah beroperasi nantinya, pabrik ini akan memproduksi kendaraan roda empat sebanyak 150 ribu unit per tahun. 

Xu mengungkapkan, pihaknya akan menggunakan komponen lokal atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 50 persen. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan industri komponen lokal.

Wuling pun menyiapkan puluhan jaringan dealer di Indonesia. Targetnya, sebagai permulaan bakal ada 35 jaringan dealer Wuling di seluruh Indonesia.

Wuling Baojun
Wuling Baojun

"Filosofi kami adalah memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk itu kami menargetkan pada 2017 akan memiliki 35 dealer di seluruh Indonesia. Setelah itu kami akan melihat respon pasar kalau jumlah penjualan atau kebutuhan konsumen kami meningkat kami akan menambah dealer dan service shop kami," tutur Feiyun.

Di tataran global, SGMW didirikan pada tanggal 18 November 2002, yang merupakan perusahaan patungan tiga pemegang saham dengan modal saham dari dua mitra-SAIC domestik Motor Corporation Limited dan Liuzhou Wuling Motors Co Limited-dan satu asing, GM China. 

SGMW memiliki tiga basis manufaktur: markas Liuzhou, Baojun Base dan Qingdao Base dan Chongqing Base, telah memulai konstruksi pada 18 Juni, 2013 akan mulai produksi pada akhir 2014. Perusahaan mengikuti General Motors global Sistem Manufaktur.

"Sistem manajemen bersikeras pada biaya rendah dan nilai tinggi untuk mendorong prosedur bisnis perusahaan. Sekaligus memperkuat posisi terdepan dalam menciptakan kendaraan keluarga 7 penumpang, SGMW juga mempercepat pengembangan bisnis di luar negeri," tulis perusahaan pada website resminya.

EDITOR

Bagja

Top