Rabu,21 Okt 2015 14:49 WIB

Penulis: bagja otomobil

Yamaha R Car, Supercar Berjiwa Superbike

Foto: carscoop

Yamaha R Car, Supercar Berjiwa Superbike


Tokyo - Setelah sebelumnya hanya berupa siluet, kini sosok konsep supercar garapan pabrikan sepeda motor Yamaha sudah muncul. Bahkan, Yamaha sudah menamainya sebagai Yamaha R Car.

Bakal tampil di Tokyo Motor Show 2015, Yamaha R Car disebut pabrikan berlogo garpu tala ini sebagai 'supercar yang berjiwa superbike', sehingga semua proses pengembangannya fokus pada karakter supercar yang terinspirasi dari superbike.

Dengan gaya khas supercar, dua pintu, ini merupakan pengembangan kesekian dari Yamaha dalam membuat sebuah mobil, utamanya mobil performa tinggi. Karenanya, tak heran kalau Yamaha R Car diharapkan bisa menawarkan tenaga sebesar 900 dk dengan bobot keseluruhan supercar ini hanya 1.100 kg. 

Di Tokyo Motor Show 2013 lalu, Yamaha sudah memajang mobil konsep Yamaha Motiv, yang kabarnya sebentar lagi akan diproduksi massal. Bahkan sebelumnya Yamaha ternyata pernah terlibat pembuatan mobil sport klasik legendaris Toyota 2000GT. 

Yamaha juga sempat menyuplai mesin untuk tim Formula 1 dalam kurun waktu 1989-1997 dan pernah membuat supercar juga, Yamaha OX99-11 pada tahun 1990 yang mengusung mesin V12 berkapasitas 3,5 liter. Namun, nasibnya hanya menjadi penghias museum sampai saat ini. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top