Sabtu,14 Mei 2016 11:13 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Bedah MID All New Hyundai Tucson, Banyak Fitur Tersembunyi?

Foto: OTO-Rian

Banyak fitur tersembunyi di MID All New Hyudai Tucson, apa saja?

Jakarta - Diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, All New Hyundai Tucson seakan tidak banyak memberikan fitur yang kasat mata ketika membuka pintunya.

Namun jangan salah. Otomotifnet.com telah menghabiskan waktu bersama SUV with gorgeus look ini. Selain feeling berkendara yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya, ternyata ada cukup banyak fitur yang bersembunyi.

Paling mudah adalah ketika membeda MID atau Multi Information Display yang terletak di instrument cluster, di antara spidometer dan takometer.

Apa saja?

MID All New Hyundai Tucson Door
Sekarang bisa tahu pintu mana yang terbuka

Hal seperti pintu mana yang sedang terbuka memang terdengar sudah biasa, namun hal tersebut belum dimiliki Tucson generasi kedua, sedangkan kini sudah hadir. Mulai dari keempat pintu plus bagasi di belakang, semuanya bisa terdeteksi secara individual ketika sedang terbuka.

MID All New Hyundai Tucson Signal
Sekali sentuh tuas lampu sen, bisa pilih mau berkedip 3 kali, 5 kali atau 7 kali

Kemudian ada fitur untuk mengkonfigurasi aksi yang terjadi ketika menekan tuas lampu sen. Bila by default yang terjadi adalah lampu sen berkedip tiga kali (One Touch Triple Turn Signal), melakukan pengaturan di MID (Settings > Lights > One Touch Triple Turn Signal) dapat mengubah kedipan lampu sen menjadi 5 atau 7 kali.

Lalu yang cukup unik, ada fitur yang disebut Steering Position. Dengan mengaktifkannya (SettingsOther Features > Steering Position), maka pengemudi akan mendapatkan notifikasi di MID bertuliskan “Align Steering Wheel” setiap kali mobil dinyalakan dalam keadaan ban tidak lurus. Cukup membantu untuk tidak ngeloyor ke arah yang salah ketika menjalankan mobil.

MID All New Hyundai Tucson Steer
Kalau ban belum lurus saat mesin menyala, akan langsung mendapat notifikasi ini

Terakhir dan paling canggih adalah Auto Rear Wiper. Nama dari fitur ini paling membuat kami bingung awalnya. Ternyata, fitur ini akan otomatis menyalakan wiper belakang ketika pengemudi memasukkan tuas tranmisisi ke R saat setting wiper depan dalam kondisi menyala. Jadi tidak usah mengusap kaca belakang secara manual lagi kan kalau mau mundur?

MID All New Hyundai Tucson Wiper
Wiper belakang akan otomatis aktif ketika akan mundur

Namun tidak semua yang disediakan di MID berfungsi sempurna.

Entah kenapa, fitur Head Lamp Delay tidak menunda matinya lampu depan ketika mesin dimatikan seperti pada Santa Fe. Menurut kami, penggunaan kunci yang berbeda dengan standarnya menjadi penyebab fitur ini tidak dapat digunakan.

Penasaran ada apa lagi di All New Hyundai Tucson? Tunggu artikel otomotifnet.com selanjutnya ya.

 

EDITOR

Bagja

Top