Kamis,3 Sept 2015 10:08 WIB

Penulis: bagja otomobil

Bikin Aman, Trailer dan Cargo Dibelakang Truk Bisa Dihilangkan!

Foto: carscoop

Bikin Aman, Trailer dan Cargo Dibelakang Truk Bisa Dihilangkan!


Jakarta - Pasti pernah kesal dong kalau nyetir di belakang truk bermuatan besar. Tapi wajar, karena memang enggak mudah membawa kendaraan super besar di jalan yang sempit misalnya. Namun, semua itu bakal lebih mudah dengan teknologi.

Paling terbaru, Land Rover coba menawarkan teknologi unik. Trailer atau Cargo yang ditarik mobil atau truk bisa dihilangkan, sehingga pandangan pengemudi ke belakang kendaraan jadi leluasa. Caranya? Melalui kaca spion digital.

Enggak sembarang melihat spion, karena spion canggih ini bisa menghilangkan trailer atau cargo di belakang kendaraan dan diganti dengan visual kondisi lalu lintas di belakang melalui kamera. Disebutnya Transparent Trailer.

Cargo Sense App buatan Land Rover ini mengandalkan sensor yang diletakkan di trailar dan menghantarkan informasi ke smartphone pengemudi. Dengan begini, pergerakan pengemudi jadi lebih stabil, karena visibilitasnya tidak terganggu.

"Saat hendak menyalip kendaraan di depan, kita biasanya melirik ke spion, dan jadi sulit kalau kendaraan membawa trailer atau cargo. Nah, teknologi Transparent Trailer memberikan pandangan yang lebih luas ke belakang, tak perduli seberapa besar muatan yang anda bawa," ujar Dr Wolfgang Epple, Director of Research and Technology, Jaguar-Land Rover.

Prototipe dari Cargo Sense App ditawarkan dengan visualisasi dengan resolusi video sangat tinggi, yang bisa membuang segala gangguan dari kendaraan lain. Hasilnya, pengemudi mendapat informasi sekitar kendaraan dengan baik, membuat keputusan yang lebih baik saat mengemudi dan manuver, dan barang bawaan lebih aman. (mobil.otomotifnet.com)

Top