Rabu,6 April 2016 17:15 WIB

Penulis: Otomotifnet

Fitur Gesture Control BMW Seri 7 Andalkan Sensor3D

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Mengatur volume

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Merespon panggilan telepon

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Memutar kamera

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Fungsi tambahan

 

Jakarta - Dibawa bersama iDrive 5.0 yang kini kompatibel dengan layar sentuh, Gesture Control pada BMW Seri 7 memungkinkan pengemudi untuk mengontrol layar via gerakan tangan di udara layaknya air gesture yang pernah diperkenalkan pada Toyota Yaris, Kijang Innova dan Fortuner. Namun daripada sekadar gimmick, BMW menjanjikan penggunaan yang lebih intuitif dan dapat mempermudah pengemudi melakukan berberapa aksi di HU tanpa mengalihkan perhatiannya dari jalanan.

“Semua gesture ini dimungkinkan dari satu sensor 3D yang ditanam di overhead console, sehingga tempat paling optimal untuk mengontrolnya ada bila tangan sejajar dengan layar dan di bawah sensor,” tutur Dennis Kadaruskan, Product Planning Manager BMW Group Indonesia. Kami mencobanya dan hand gesture ini pun terasa benar-benar mudah untuk digunakan. Tidak perlu mencoba berkali-kali apalagi dekatdekat dengan monitor, tangan pun ada di posisi santai dengan cukup letakan sikut di armrest dan pergelangan menghadap ke layar. Berikut beberapa gesture yang dapat digunakan:

1. Mengatur Volume

Cukup tunjuk layar dengan 1 jari, kemudian putar jari tersebut ke kanan untuk menaikkan volume atau ke kiri untuk menurunkan. Bagian ini pun yang selalu membuat terkesan karena paling terasa seperti sihir, mungkin teringat mantra “Wingardium Leviosa” yang biasa keluar dari mulut Harry Potter?

Sayang karena sistemnya masih sangat baru, kadang butuh memutar jari 2 kali terlebih dahulu hingga direspons dan terkadang membuat menaikkan atau menurunkan volume lebih banyak dibanding yang diinginkan.

2. Merespons Panggilan Telepon

Bila smartphone dikoneksikan via Bluetooth dan ada panggilan telepon, akan muncul notifikasi di layar. Untuk menjawabnya, cukup lakukan gerakan menunjuk ke layar dengan satu jari, sedangkan lakukan gerakan swipe atau geser untuk menolak.

3. Memutar Kamera

Ketika mundur atau panoramic view dari kamera 360 derajatnya diaktifkan, maka akan muncul notifikasi gesture di layar. Dengan gerakan pinch atau cubit, kemudian tangan perlahan dibelokkan ke kiri seakan sedang memindahkan posisi kamera, maka simulasi 3D dari kamera 360 di layar akan bergeser mengikuti gerakan yang dibuat. Gerakan ini termasuk yang paling sulit dilakukan karena butuh waktu agar sensor mengenali gesture pinch yang dibuat.

4. Fungsi Tambahan

Dengan jari telunjuk dan tengah menunjuk ke layar kemudian membuat gerakan menusuk, terdapat beberapa fungsi yang bisa diaktifkan. Konfigurasi yang dapat dipilih adalah mengaktifkan petunjuk ke alamat rumah, mengaktifkan mute/unmute, masuk ke menu yang sebelumnya dipilih, trek lagu selanjutnya, melihat daftar telepon terbaru hingga mengecek notifikasi. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Otomotifnet

Top