Jumat,21 Sept 2012 09:03 WIB

Penulis: Agus Sulis

Gauge Portable, Empat Kegunaan dalam Satu Tampilan

Foto:

Gauge Portable, Empat Kegunaan dalam Satu Tampilan


Indikator pengukur atau gauge model portable merek KetGauge ini, memiliki empat kegunaan dalam satu tampilan. Pada panel LCD-nya tersedia informasi dengan tampilan digital untuk memantau tekanan oli (panel kiri), volt meter/tegangan listrik pada aki (sebelah tengah-atas), water temperature/suhu air pendingin mesin (sisi kanan LCD) serta penunjuk rpm di bagian tengahnya.

Model universal yang ditawarkan gerai Specialist Auto Colour Speedo (SACS) di Pondok Gede, Bekasi ini, berguna bagi pemilik mobil yang standarnya belum dilengkapi indikator-indikator tersebut. Sehingga akan memudahkan untuk memantau kondisi mesin serta kelistrikan kendaraan.

Untuk instalasinya, menurut Wira Sentosa dari SACS, perlu beberapa tahap. Lewat pemasangan semua kabel bawaan alat ukur seharga Rp 2 juta ini, dengan beberapa komponen kelistrikan kendaraan. Yaitu kabel merah (+) dan hitam (-) disambung ke ACC kunci kontak, untuk mengaktifkan fungsi volt meter.

Kemudian kabel hijau disambung ke pulsa rpm pada ECU standar mobil. Warna biru strip putih dihubungkan dengan sensor oil pressure, kemudian diparalel bersama switch oil pressure pada mesin. Sama halnya dengan kabel warna kuning, yang dihubungkan pakai sensor water temperature menuju switch pemantau suhu air pendingin mesin.

Cara kerja alat pengukur ini bergantung pada keakuratan data dari ECU serta sensor bawaannya. Diklaim oleh pabrikannya di Taiwan, akurasi informasi yang ditampilkan serupa dengan kondisi aslinya.

Setelah kunci kontak diputar ke posisi ACC, alat ini akan melakukan proses kalibrasi, untuk aktifasi informasi yang dibutuhkan pemakainya. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top