Kamis,13 Okt 2016 09:12 WIB

Penulis: tim Otomotifnet

Transmisi Toyota Bermasalah

Otomotifnet Coba Langsung Kijang Innova yang Dianggap Bermasalah, Hasilnya?

Foto: Rio/Otomotifnet

All About All New Toyota Kijang Innova & All New Fortuner Kenyataan

Jakarta - Tak sekadar menerima cerita, OTOMOTIF tentu harus membuktikan, apakah keluhan ini memang benar terjadi atau hanya persepsi yang berbeda antarpemilik. Langsung masuk ke Kijang Innova tipe Q A/T keluaran Desember 2015 yang mengalami susah pindah gigi. Setelah dicoba dari berbagai posisi, OTOMOTIF menemukan kejadian, yakni saat dipindahkan dari R ke N.

Setelah tuas masuk di posisi N, terdengar suara jedug yang cukup keras. “Nah biasanya saya malah dari posisi P ke D timbul suaranya,” ungkap Mashuri, sang pemilik. Keluhan lain yakni soal adanya jeda ketika mobil berjalan. Dicoba di seputaran SCBD, ANKI tersebut dijalankan dengan kecepatan sekitar 40 kpj, dengan mode berkendara normal.

Sambil cruising, lepas injakan di pedal gas, lalu tunggu sekitar 1 sampai 2 detik baru injak kembali pedal gas. Terasa ada jeda antara injakan di pedal gas sampai mobil berjalan kembali. “Ini hanya terjadi kalau jalan santai. Justru kalau lagi ngebut enggak terasa jedanya,” sambung Trias, pemilik lain yang menggunakan ANKI tipe G diesel A/T keluaran Juli 2016.

Sayang, untuk keluhan soal suara siulan dari turbo tidak bisa dibuktikan. Sebab semua suhu mesin kendaraan yang datang sudah mencapai suhu kerja idealnya, sementara siulan tersebut hanya terdengar saat di pagi hari. Namun Bernard membawa turbo standar bawaan Kijang Innova miliknya. Begitu dirasakan oleh OTOMOTIF di bagian as turbinnya, memang terasa ada celah, yang membuat as seperti oblak. • Tim OTOMOTIF

EDITOR

Bagja

Top