Rabu,9 Nov 2016 16:14 WIB

Penulis: otomotifnet

Ragam Kamera 360 Derajat, OEM Ada, Universal Ada

Halaman 1 dari 3

Foto: Rizky/otomotifnet

ICE Ragam Kamera 360 Derajat OEM Ada, Universal Ada

Jakarta - Bukan lagi eksklusif di mobil mahal, kamera 360 derajat kini bisa diaplikasikan di semua mobil Teringat pertama kali Nissan memperkenalkan teknologi Around View Monitor pada Nissan Elgrand di tahun 2008, bahkan hingga sekarang pun tetap memukau bagaimana fitur ini dapat menampilkan gambar di sekeliling mobil menggunakan empat kamera yang disebar di sekujur bodi.

Perlahan, berbagai pabrikan pun mengadopsinya, menjadikan fitur ini makin populer dan menjadi nilai plus ketika seseorang memilih sebuah mobil. Hyundai dengan Eagle’s Eye View, BMW dengan Surround Vision dan terbaru Mitsubishi dengan 360? Vision yang jadi variasi nama kamera 360 derajat untuk masing-masing mobil tersebut.

Namun bagi mobil yang belum tersedia fitur ini, PT Kramat Motor kini bisa menghadirkan tampilan panoramic ini di mobil anda. “Kita tersedia versi universal yang bisa untuk semua mobil dan OEM, tapi yang OEM pilihannya masih terbatas,” ujar Erik Jeo, Manager PT Kramat Motor.

Untuk sementara, versi kamera 360 derajat OEM hanya tersedia untuk All New Mitsubishi Pajero Sport saja, sedangkan untuk All New Toyota Fortuner dan Kijang Innova akan segera diluncurkan. Bagaimana teknologi ini memungkinkan? Dengan menempatkan kamera super wide angle di depan, kiri, kanan dan belakang, maka sebuah ECU menggabungkan atau ‘menjahit’ gambar dari masing-masing kamera tersebut. Kemudian didapatkanlah gambar penuh secara real time dari sekeliling mobil, seakan ditempatkan sebuah kamera dari atas mobil.

“Teknologi ini bisa untuk semua mobil, yang penting di head unit ada AV Input untuk menampilkan gambarnya, juga dihubungkan ke lampu mundur sehingga otomatis menyala saat transmisi di R,” tambah Erik. Berapa harganya, berapa lama pemasangan dan apa beda dari versi OEM dan universal? Baca lengkapnya di bawah ya. Sano/otomotifnet.com

Kramat Motor (021 4516532)
Autodio Sunter (021 29461236)

Halaman 1 2 3

EDITOR

Bagja

Top