Rabu,11 Mei 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Suara Mesin Mobil Ford Bisa Bikin Irit BBM

Foto: Paultan

Ford patenkan teknologi suara mesin palsu untuk menghemat bahan bakar

Jakarta - Ragam cara dilakukan pabrikan mobil agar membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Nah, yang dilakukan Ford cenderung unik. Suara mesin mobil Ford diklaim bisa membuat irit bahan bakar.

Ford sudah mematenkan teknologi baru. Tak sekedar memangkas bobot mesin atau mengurangi gesekan, tapi membuat suara mesin palsu yang bisa bikin irit bahan bakar.

Lho? Jadi ceritanya Ford membuat suara palsu pada mesin agar terdengar lebih gahar. Anda akan mendengar sensasi mesin dengan jumlah silinder lebih banyak dari yang terpasang dibalik kap mesin. 

Tujuannya bukan supaya mobil lebih cepat, tapi justru supaya irit bahan bakar. Maksudnya begini, ketika pengemudi mendengar suara mesin lebih gahar, maka akan cenderung mengurangi injakan pedal gas agar putaran mesin turun, sehingga semprotan bensin ke ruang bakar berkurang. 

Menurut Ford, seperti dilansir Paultan, langkah ini dilakukan karena kebanyakan pengemudi mengatur putaran mesin dan perpindahan gigi dengan cara mendengar suara mesin.

Ford percaya dengan cara ini, ketika pengemudi mendengar putaran mesin lebih tinggi, maka akan cenderung buru-buru memindahkan gigi lebih tinggi agar tidak boros bahan bakar. Padahal, suara yang didengar adalah suara palsu, bukan suara mesin yang sebenarnya.

Mobil Ford pertama yang akan disematkan teknologi suara palsu ini adalah Ford Focus RS bermesin 2.3 liter EcoBoost. Namun kedepannya, semua mobil Ford akan dipasangi teknologi suara palsu ini.

Wah, boleh juga ni idenya Ford. Bagaimana?

EDITOR

Bagja

Top