Rabu,31 Agust 2016 12:03 WIB

Penulis: otomotifnet

Teknologi Mesin 1KR-VE Astra Daihatsu Sigra, Intake Panjang, Torsi Tambah

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    High Tumble Intake Port

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    VVT-i

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Micro Spray Injector

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Long Branch Intake Manifold

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Super Finishing Valve Lifter

Ubahan pada mesin 1KR-VE, membuatnya lebih bertenaga dan irit bahan bakar dibanding 1KR-DE milik Ayla

Jakarta - Buat calon konsumen Astra Daihatsu Sigra, PT astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan 2 pilihan mesin berdasarkan kapasitasnya. Pertama adalah mesin 1KR-VE yang berkapasitas 1.000 cc dan berikutnya 3NR-VE, dengan kapasitas 1.200 cc.

OTOMOTIF mau bahas dulu apa yang terjadi pada mesin 1KR-VE. “Sigra yang 1.000 cc menggantikankeberadaan Xenia yang menggunakan kapasitas mesin sama,” tegas Amelia Tjandra, Marketing Director ADM.

Ayla menggunakan mesin berkapasitas sama, namun kode yang dipakai dulu 1KR-DE. “Apa yang ada di dalam Sigra,itu pengembangan dari mesin pada produk terdahulu termasuk Ayla.Inti dari pengembangannya adalah, best performa dan irit bahan bakar,” ucap Toshinari Yonezawa, ManagerProduct Planning Div. R&D Group Daihatsu Motor Co.LTD.

Perbedaan tersebut yang membuat adanya perubahan tipis pada bagian torsi. Dimana maksimum torsi yangdihasilkan oleh mesin Ayla 86 Nm/3.600 rpm, sedangkan 1KR-VE milik Sigra mencapai 89/4.400.Tertarik melihat detail perubahan yang dilakukan pada bagian mesin? Cekibrot.  

1. High Tumble Intake Port

Perubahan desain saluran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar pada mesin 1KR-VE ini, memiliki 3kelebihan sekaligus.Pembakaran yang lebih sempurna dan stabil, emisi gas buang yang baik dan mereduksi knocking. Tentunyakeuntungan dari desain ini bisa maksimal dengan bahan bakar yang sesuai.Kalau melihat tabel kesesuaian perbandingan kompresi dengan bahan bakar, Sigra dengan kompresi 11,5:1(1KR-DE 10:1)  pasnya pakai RON 95, minimal RON 92.

2.VVT-i

Dengan menggunakan teknolgi Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i), mesin berkapasitas kecilsanggup menghasilkan torsi besar. Pakai VVT-i, valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udaranya akan terus menerus dikoreksi.
Itu disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung. Sehingga dapat dihasilkan torsi maksimal di setiap putaran mesin.

3. Micro Spray Injector

Dengan injektor baru pada 1KR-VE, pengabutan bahan bakar jadi lebih sempurna dari injektor yang dipasang pada mesin 1KR-DE. Akibatnya pembakaran yang didapat jadi lebih sempurna. “Desain injektor mengalami perubahan. Jadi enggak bisa saling pakai antara Ayla dan Sigra,” tutur Yonezawa-san.

4.Long Branch Intake Manifold

Dibandingkan dengan 1KR-DE milik Ayla, intake manifold mesin Sigra dibuat lebih panjang. Ini dilakukan untuk menkompensasi power loss ketika VVT-i menkoreksi timing buka tutup klep.

5.Super Finishing Valve Lifter

Sistem buka tutup klep hisap dan buang Sigra, menggunakan lifter. Jadi tinggi dari bukaannya diatur oleh besaran lifter-nya. Pada mesin 1KR-VE, valve lifter-nya mengalami perbaikan. Inti dari perbaikan yang dilakukan itu untuk meminimalkan gesekan yang timbul.

EDITOR

Bagja

Top