Senin,16 Mei 2016 14:10 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Transmisi Otomatis 10-Percepatan Diproduksi Ford dan Chevrolet

Foto: Ford

Ini dia transmisi otomatis 10-percepatan pertama dari Ford

Amerika Serikat - Setelah sebelumnya digadang-gadangkan akan dibuat oleh Hyundai dan Volkswagen, ternyata justru dua pabrikan yang berbeda yang berhasil memproduksi transmisi otomatis 10-percepatan yang pertama untuk mobil produksi di dunia. Siapakah itu?

Di luar dugaan, justru pabrikan Amerika Serikat Ford dan Chevrolet yang berhasil membuat transmisi otomatis konvensional alias mengandalkan torque converter dengan rasio 10-percepatan.

Hanya selang beberapa hari, Chevrolet awalnya mengumumkan mereka berhasil membuat transmisi otomatis 10-percepatan untuk mobil volume production car, dalam kata lain, diproduksi dalam jumlah banyak. Transmisi ini diproduksi untuk muscle car-nya, Camaro ZL1.

Kemudian, Ford mengklaim mereka juga berhasil jadi yang pertama membuat transmisi otomatis 10-percepatan untuk mobil yang diproduksi masal, yaitu Ford F-150 dengan mesin 3,5 liter V6 EcoBoost.

Dilansir dari carmagazine.co.uk, Ternyata, keduanya memang dikembangkan dalam program yang sama, karena Ford dan General Motors (GM) berkolaborasi mendesain girboks yang baru.

GM 10 Speed
Transmisi otomatis 10-percepatan Chevrolet Camaro ZL1 dengan 6 kopling

Namun tidak sama persis. Transmisi pada Ford F-150 dikembangkan untuk mengembangkan konsumsi bahan bakar dan performa bila dibandingkan unit 6-percepatan sebelumnya. Sedang Hydra-Matic milik Chevy, diklaim bisa melebihi kecepatan upshift PDK milik Porsche dalam beberapa skenario.

Mau tahu lebih banyak soal detailnya? Tunggu artikel selanjutnya ya…

EDITOR

Bagja

Top