Senin,30 Mei 2016 09:48 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Apa Saja Beda Tampilan BMW Seri 3 Facelift?

Foto: OTO-Rian

Dengan tampang masih relatif sama dengan pre-facelift, ini beberapa titik perbedaan BMW Seri 3 LCI

Jakarta - Dengan lifecycle yang biasanya memanjang hingga hampir satu dekade, seri facelift BMW Seri 3 berkode bodi F30 terlihat tidak jauh berbeda dibanding pertama diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 lalu.

Meski terdapat perubahan setting pada mesin 1.998 cc dengan twin scroll turbocharger, suspensi 5-link dan sasisnya yang rigid itu, namun yang pasti lebih menarik perhatian adalah perubahan yang terlihat.

Namun karena perubahan eksterior dan interior cukup subtle, akan sulit bagi mata awam untuk langsung mengenali mana Seri 3 F30 versi awal dan mana yang versi LCI atau Life Cycle Impulse.

Nah, untuk langsung tahu mana yang mana ketika melihat di jalan, perhatikan beberapa perubahan yang terlihat ini di 330i M Sport versi LCI atau facelift:

330i Headlight

Selain sudah Full LED, DRL (Daytime Running Light) kini tidak lagi hanya mengitari proyektor, tetapi juga dengan garis horizontal seperti tersambung ke gril agar terlihat seperti Seri 7 anyar. Versi sebelum facelift tidak memiliki garis horizontal ini.

330i Taillight

Bila sebelumnya LED hanya berupa dua garis horizontal terpisah, kini bentuknya diperbarui dan menyambung mirip lampu belakang X1 terbaru

330i AC

Hal detail seperti warna layar AC dual-zone automatic climate control yang menjadi putih dari sebelumnya merah juga diganti

330i Dash

Lubang ventilasi AC di kanan kiri juga mendapat lis silver di bagian pinggirnya agar terlihat lebih modern

330i Cupholder

Cupholder depan versi facelift sudah ada penutup berupa slider

Selain perubahan di atas, ada juga hal-hal yang bisa dilihat pada eksterior dengan versi non M Sport. Seperti air intake udara bagian samping yang lebih lebar, sedangkan yang tengah jadi lebih besar.

Bagaimana, sudah bisa membedakan mana BMW Seri 3 F30 yang facelift dan yang non-facelift?

EDITOR

Bagja

Top