Rabu,9 Sept 2015 15:02 WIB

Penulis: pewete pewete

First Drive All New Mazda MX-5 Langsung di Jepang

Foto: PANJI

First Drive All New Mazda MX-5 Langsung di Jepang



Tidak hanya facelift, tapi mengalami perubahan signifikan dari sebelumnya. Baik bodi, sasis, suspensi hingga mesin


Jepang - Melihat sosok All New Mazda MX-5 di Hiroshima, Jepang langsung bisa ditebak kalau Mazda melakukan perubahan cukup banyak di sektor ekterior. Salah satu yang paling memikat dan punya daya tarik adalah desain bodi yang kini terlihat sangat proporsional sebagai kendaraan roadster modern.



Mesin 1.500 cc cukup bertenaga. Tidak overpower


Tak pelak karena pada generasi ke-4 MX-5 ini sudah mengadopsi KODO Design : Soul of Motion yang membuat mobil kelihatan dinamis dan lincah. Dapat diperhatikan pada lekukan-lekukan tubuh (bodi) yang tidak lagi kaku seperti MX-5 sebelumnya. Dari samping tampak kalau mobil ini seakan ingin bergerak cepat.



Desain dasbor sporti sudah didukung oleh MZD Connect dan Commander Control

Nuansa sporty bisa diperhatikan dari depan dan belakang karena fender dan bonnet depan serta fender belakang didesain kembung. Mengisyaratkan kalau mobil ini kekar. Jepang - Daya tarik yang tak kalah menarik adalah desain head lamp LED yang dirancang sipit. Sementara tail lamp dirancang unik, bergaya klasik dengan bentuk bulatnya.



Interior full leather menambah kesan mewah

Dari sisi pengendara, di All New Mazda MX-5 tetap menggunakan konsep Jinba Ittai yang secara harfiah bisa diartikan ‘fun to drive’. “Jinba Ittai adalah ‘Horse and Rider as One’ dimana driver dan mobil menyatu sehingga menghasilkan komunikasi antara mobil dan driver,” jelas Masami Minori, Vehicle Development Promotion Dept. Mazda Motor Corporation (MMC), Jepang.

LAYOUT PEDAL

Biar enggak terlalu lama, OTOMOTIF diberi kesempatan mencicipi All New MX-5 atas undangan PT Mazda Motor Indonesia di sirkuit Mazda Mine Proving Ground, Jepang (28/8).Berbekal rasa penasaran dengan konsep Jinba Ittai, OTOMOTIF dapat jatah unit test All New MX-5 tipe 1.5L Manual 6-speed spec L-package (tipe lengkap/tinggi).



Layout pedal diubah agar pengemudi lebih kaki ngangkang

Dengan dimensi 3.915 x 1.735 x 1.225 mm (P x L xT), mobil ini cukup ‘imut’ sebagai roadster. Apalagi ground clearance cuma 140 mm. Pantas kalau Mazda menginginkan pengendara All New MX-5 bisa ‘menyatu’ dengan kendaraan dan jalan. Diciptakan serendah mungkin.



Posisi duduk nyaman dan rileks

Duduk di kokpit, badan seakan dibekap oleh jok semibucket yang sudah dibaluti bahan kulit, bahkan leather hitam melapisi dasbor dan trim pintu. Cukup mewah. Visibilitas ke depan cukup luas berkat kaca depan besar dan kap mesin yang didesain melandai ke bawah. Menariknya saat mencoba menginjak ketiga pedal (kopling, rem dan gas) yang tak seperti biasa.



Headlamp dan foglamp sudah LED

Pedal kopling digeser lebih ke luar (ke kiri) dari pedal rem (mobil setir kanan/RWD). Alhasil kaki jadi lebih ‘ngangkang’. Di sinilah konsep Jinba Ittai berbicara. “Layout pedal itu supaya driving position driver lebih nyaman,” terang Hidetoshi Kudo, General Manager Corporate Communications Division MMC.



Maaf hanya tersedia versi soft top. Buka/tutup manual tapi mudah

Menambah kenyamanan, Kudo san mengatakan ketiga pedal tersebut juga dirancang lebih maju ke depan sekitar 50 mm dari MX-5 sebelumnya. Ada benarnya, ketika mesin dihidupkan dan nyoba cruising di kecepatan sekitar 80-100 kpj sepanjang 3,3 km (1 putaran sirkuit), badan rileks dan enggak capek mengendarainya. Padahal trek menyajikan cukup banyak tikungan.



Tetap bisa menampung barang meski minim

Pengendalian pun cukup mudah dan nyaman, tidak banyak koreksi setir ketika melakukan manuver di tikungan. Putaran kedua sedikit menambah kecepatan dengan gaya mengemudi agak lebih agresif. Gas pol.. Boleh diacungi jempol untuk sebuah roadster mungil Mazda ini.



Di generasi ke-4, lampu dirancang bergaya retro klasik

Terutama handling mobil yang hanya tersedia versi soft top ini. Boleh jadi suspensi dan sasis yang sudah memakai Skyactiv Technology lah membuatnya lebih stiff alias kaku dan minim gejala body roll saat menikung. Bodinya pun sudah Skyactiv Technology sehingga dibuat lebih ringan 100 kg dari MX-5 sebelumnya. Pantas saat dikendarai terasa sekali kelincahannya.

MESIN 1.500 CC

Namun begitu, ada hal yang disayangkan, All New Mazda MX-5 ini tidak lagi menggunakan mesin LF-VE 2.000 cc 4 silinder DOHC. Tapi diganti dengan dapur pacu Skyactiv 1.500 cc 4 silinder DOHC yang dipadu pula dengan transmisi Skyactiv-MT 6 percepatan.

Maksudnya sih supaya efisien namun tidak mengorbankan performa. Apa betul? Maaf belum bisa menjawab soal efisiensi BBM karena kondisi, tapi bicara performa kurang setuju. Saat pertama kali injak pedal gas (dari diam), akselerasi memang terasa tidak terlalu istimewa. Harus sedikit bersabar untuk merasakan tenaganya.

Namun saat cruising, tenaga mobil ini enggak mengecewakan, selalu bisa mengikuti kemauan kaki kanan pengemudi saat melibas tikungan, tanjakan maupun trek lurus. Menariknya, operasikan tuas transmisi terasa close dan responsif.

Selama merasakan All New MX-5 sepanjang 6 putaran, boleh disimpulkan kalau generasi ke-4 ini asyik dikendarai untuk perjalanan dekat maupun jauh sekalipun.  Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil namun bobot kendaraan total yang telah tereduksi berkat Skyactiv Technology membuatnya tidak terlalu mengecewakan, khususnya yang tetap mengidolakan performa.

All New MX-5 asyik dikendarai sehari-hari, bukan buat balap. • (otomotifnet.com)


Data Spesifikasi

Mesin Tipe SKYACTIV-G 1.5 segaris 4 silinder 16 valve DOHC S-VT Bore and stroke (mm) 74.5 x 85.8 Rasio kompresi 13.0 : 1 Penggerak RWD Kapasitas mesin (cc) 1,496 Sistem fuel Electronic direct injection Kapasitas tangki BBM (liter) 45 Tenaga maksimum (dk @ rpm) 130,5 @ 7,000 Torsi maksimum (Nm @ rpm) 150 @ 4,800 Throttle control Electronic (drive-by-wire) Transmission 6-speed SKYACTIV-MT Dimensi Ground clearance (mm) 140 Tinggi maks (mm) 1,225 Panjang maks (mm) 3,915 Lebar maks (mm) 1,735 Track front (mm) 1,495 Track rear (mm) 1,505 Wheelbase (mm) 2,310 Rem depan Ventilated disc diameter 258 mm Rem belakang Solid disc diameter 255 mm Sistem steering Double-pinion electric power assist steering Suspensi depan Double wishbone Suspensi belakangan Multi-link Ukuran ban 195/50 R16












EDITOR

Otomotifnet

Top