Senin,16 Mei 2016 19:00 WIB

Penulis: Bagja

First Drive All New Pajero Sport, Jajal Aspal Pulau Dewata

Foto: KTB

All New Pajero Sport Jajal Lintasan Aspal di Pulau Dewata

Denpasar - SUV jagoannya Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), All New Pajero Sport main tanah, lumpur, genangan air, atau lintasan manapun yang enggak ada aspalnya, sudah biasa dan hampir tak ada komplain sama sekali. 

Namun, meski dirancang sebagai mobil jelajah ringan, tetap saja dengan tampang barunya yang makin modis, All New Pajero Sport pun pastinya digunakan harian, di jalan raya yang didominasi permukaan aspal.

All New Pajero Sport
All New Pajero Sport tetap gesit bermanuver di ruang sempit

Kebetulan OTOMOTIFNET kedapatan menjajal All New Pajero Sport di jalan-jalan raya Pulau Dewata, Bali. Nuansa liburan pasti sangat terasa di sini. Lalu lintas yang ramai, terkadang harus melewati jalan yang sempit di kawasan Denpasar, sampai rute pegunungan yang berliku di kawasan Bali Barat.

Karakter suspensi barunya jadi lebih teruji. Meski terasa empuk di permukaan jalan tidak rata, namun begitu dikebut di jalan tol laut, All New Pajero Sport bisa anteng meluncur tanpa ada gejala limbung saat kecepatan tinggi.

All New Pajero Sport
 Meski suspensinya empuk di permukaan tidak rata, namun stabil diajak ngebut

Lepas tol, baru kemudian jalan semakin menyempit, terus menanjak dan yang paling menantang jalan dengan ragam kelokan ekstrem menuju kawasan pulau Menjangan di Bali Barat.

OTOMOTIFNET dan beberapa rekan lain bahkan sempat meragukan handling SUV bongsor ini saat akan melibas jalan pegunungan. Tak sedikit yang sudah menyiapkan obat anti mabok dan bahkan kantung plastik, karena takut muntah selama perjalanan. Bisa dibayangkan seperti apa ekstremnya lintasan tersebut.

All New Pajero Sport
Kemudi All New Pajero Sport cukup presisi menghadapi ragam tikungan

Namun nyatanya tidak ada yang sampai kejadian muntah di dalam kabin All New Pajero Sport. Baik penumpang depan, maupun penumpang belakang. Posisi duduk yang nyaman, ruang kaki yang lega, ditambah hembusan AC yang selalu dingin dari kabin depan sampai belakang, membuat perjalanan jauh tetap terasa nyaman.

Pengemudi pun sama sekali tak ada kesulitan menghadapi ragam kelokan, karena visibilitas dari pilar A sama sekali tidak mengganggu pandangan ketika berbelok, juga setir yang presisi, sehingga jarang sampai melebar ketika menikung kencang di tikungan ektrem.

All New Pajero Sport
Tak khawatir menghadapi jalan sempit berkelok dengan All New Pajero Sport

Jadi, tak hanya unggul di lintasan non aspal saja, karena toh All New Pajero Sport juga tetap lincah bermanuver di lintasan aspal.

EDITOR

Bagja

Top