Rabu,24 Feb 2016 16:37 WIB

Penulis: Otomotifnet

First Drive All New Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4x2 Diesel A/T

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Mesin baru 2GD-FTV Punya tenaga 149 dk dengan torsi 400 NM! Mudah bikin ban bekajang spin walau di jalan aspal sekalipun

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Tampilan dasbor benar-benar fresh tapi tetap gagah berkat setir baru yang dilengkapi tombol pengatur audio dan MID

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Keunggulan jok tengahnya punya fitur pengaturan maju mundur. Jadi lebih leluasa mengatur posisi paling nyaman, pun sudah dilengkapi sabuk pengaman 3 titik untuk ketiga penumpang

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Kini turbo VNT sudah jadi standar, hanya saja posisi intercooler kini ada di balik bumper. Kalau ada di atas mesin seperti pendahulunya, pasti bikin tampangnya lebih macho lagi deh.

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Duduk di jok baris ketiga seakan terbatas untuk OTOMOTIF yang berpostur 172cm. Namun bangku tengah bisa dimajukan kok

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Power Back Door

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Tampak Belakang

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Versi 4 x 4 butuh tantangan

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Versi 4x4 butuh tantangan

Let’s Go Beyond seakan jadi ajakan dari Toyota kepada pemilik SUV andalannya berkelana mengeksplor seluruh rute jalan. Apakah sanggup All New Fortuner menyandang tagline ini?

Jakarta - Konsepnya Toyota ingin menciptakan sebuah SUV yang tampil gagah sekaligus stylish, juga membuat pemiliknya tampil percaya diri. Enggak percaya? Coba perhatikan tampilannya kini.  All New Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4x2 Diesel A/T desain Keen Look yang diadopsi duluan oleh saudaranya Corolla Altis atau Camry seakan diturunkan. Bedanya, kini tak butuh waktu lebih untuk mencerna desain baru All New Fortuner.

Lampu utamanya dibuat menyipit dengan aksen krom di gril, pun begitu tampilan dari belakang yang sekilas mengingatkan pada saudara beda merek, Lexus RX. Dibangun di atas platform baru TNGA (Toyota New Generation Architecture), masih berbagi sasis dan mesin dengan All New Kijang Innova dan Hilux. Rahasia kekokohannya ada di balik bodi.

“Kami mengembangkan sasis baru yang diperkuat dan cross section lebih besar untuk redefining toughness yang jadi konsep pengembangan,” terang Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp.

Pun begitu saat masuk ke kabin. Layout dasbornya tak lagi sama dengan Kijang Innova atau Hilux, tapi punya karakter sendiri. Untuk varian tertinggi VRZ, terdapat aksen wood panel di beberapa bagian seperti lingkar setir dan konsol tengah. Posisi duduknya terasa pas di badan. Desain jok baru seperti ‘memeluk’ tubuh, apalagi sudah dibalut kulit asli. Sayang, kalau menurut OTOMOTIF warna cokelatnya membuat aura modern dan mewahnya malah berkurang.

Tapi keasyikannya memang berasal dari mesin dan transmisi baru. Walau hanya dicoba di seputaran area mal, toh All New Fortuner mudah membuat ban belakang spin. Kombinasi mesin dengan torsi 400 Nm, plus girboks 6 percepatannya mengingatkan saat mengetes All New Kijang Innova. Seru dan tak mudah kehilangan tenaga. Pasang di mode berkendara Power Mode, injak pedal gas sembari tahan pedal rem. Pasti tak lama akan tercium bau asap dari ban yang terbakar.

Ahh, jadi tak sabar menunggu sesi test drive-nya nih. Nantikan edisi depan saat OTOMOTIF menjajalnya di trek luar kota ya… • (otomotifnet.com)


Versi 4x4 Butuh Tantangan

Yup, saat diuji di area terbatas pada sesi launching. Varian 4x4-nya terlihat perkasa menaklukkan beragam rintangan. Sayang memang, OTOMOTIF belum bisa membuktikan sendiri alias cukup jadi navigator dari teman-teman IOF yang duduk di jok pengemudi. Oh iya, untuk pindah ke posisi penggerak 4 roda juga lebih mudah. Kini tinggal putar kenop untuk ke posisi 4H. Lalu kalau ingin off-road alias butuh torsi lebih besar, tekan kenop, lalu putar lagi ke kanan untuk masuk ke posisi 4L.

Nantinya indikator 4x4 di spidometer akan berkedip, tapi tunggu sampai menyala terus yang menandakan fungsi ini sudah aktif. Hambatan pertama jalan di ramp dengan kemiringan 30 derajat. Kalau pada versi 4x2, ban sisi kanan harus tetap menginjak bagian aspal. Kali ini seluruh ban tetap berada di ramp dan hasilnya All New Fortuner masih mudah saja melewatinya. Tantangan yang cukup ekstrem yakni sebuah jalur buatan dengan ketinggian sekitar 4 meter dan kemiringan 47 derajat. Saat menanjak, yang terlihat hanya langit dan ketika turun, rasanya seakan ingin ‘mencium’ aspal, saking terlihat tegak lurus dengan jalan.

Nah, akankah varian 4x4 VRZ yang hanya tersedia by order ini sanggup menjawab tantangan off-road di medan sesungguhnya? Tunggu sesi test drive OTOMOTIF ya…

Sejarah Fortuner di Indonesia

2005                      
Rilis pertama di Indonesia. Masih impor dari Thailand. Hanya tersedia mesin bensin

2006
Mulai dirakit di Karawang (TMMIN). Sudah mengandung 45% komponen lokal

2007
Varian diesel diperkenalkan. Menggunakan mesin seri KD. Hanya tersedia pilihan transmisi manual dengan tipe 2.5 G M/T Diesel

2009
Ada opsi baru untuk mesin diesel dengan transmisi otomatis. Tipe
yang tersedia 2.5 G A/T Diesel

2011
Versi improvement hadir dengan pembaruan di lampu depan dan belakang

2012
Mesin KD dengan turbonya dipersenjatai turbo generasi baru VNT (Variable Nozzle Turbo)

2013
Untuk yang ingin tampil lebih sporty, dikenalkan Fortuner tipe TRD Sportivo ver.3

Data Penjualan Fortuner

Tahun                    2005     2006     2007     2008     2009     2010       2011       2012       2013       2014       2015      Total
Penjualan (unit)     3.134    3.945    4.155    8.945    7.967    10.712    13.111    20.498    17.974    18.916    10.423    119.780


Harga All New Fortuner

2.4 G M/T Rp 442 juta
2.4 G A/T Rp 460 juta
2.4 VRZ 4x2 Rp 494 juta
2.7 SRZ A/T Rp 509,1 juta
2.4 G AT 4x4 Rp 557 juta
2.4 VRZ 4x4 by order

EDITOR

Bagja

Top