Rabu,12 Agust 2015 18:03 WIB

Penulis: Pilot

First Drive Grand New Toyota Avanza 1.3 G A/T (2)

Foto: Pilot, Istimewa

First Drive Grand New Toyota Avanza 1.3 G A/T (2)


Jakarta
- Saat mesin dinyalakan suaranya terdengar halus. GNA mengusung mesin tipe 1NR-VE (1.3L) 4 silinder, 16 valve, DOHC, dual VVT-i. Mampu menyemburkan tenaga 96,5 dk di putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 12,3 kgm di 4.200 rpm.

Namun ketika tuas persneling digeser ke D dan pedal gas diinjak terasa aneh karena tarikannya agak telat. Harus menekan pedal gas lebih dalam agar mobil bergerak. Ternyata hal ini terjadi lantaran GNA sudah menerapkan teknologi drive by wire. “Jadi pedal gas tidak dihubungkan dengan kabel ke mesin, tetapi sudah wireless. Menggunakan sensor di pedal yang mengirim sinyal ke sensor di mesin,” tambah Iwan Abdurrahman dari Divisi Teknik TAM.



Ketika di jalan suasana kabin memang terasa lebih senyap. Suara dari luar bisa direduksi dengan baik. Hal ini berkat penambahan peredam di lantai dan bodi GNA. Demikian juga dengan penggunaan gardan desain baru, ikut mengurangi noise yang masuk ke  kabin. Satu lagi, karet pintu sudah menggunakan model balon.

Kaki-kaki baru ternyata memiliki bantingan sedikit agak keras saat melewati jalan berlubang. Tetapi saat di jalan mulus mobil jadi lebih stabil, demikian pula saat diajak bermanuver melalui jalan berliku dan menanjak menuju Candi Gedong Songo mobil terasa lebih mantap.
Untuk warna Grand New Avanza memiliki 8 pilihan dengan 4 waarna baru. Ada Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic dan Grey Metallic. Sedangkan Grand New Veloz tersedia 4 pilihan warna dengan 1 warna baru, yaitu Dark Red Mica Metallic (otomotifnet.com).


EDITOR

Denta

Top