Kamis,31 Maret 2016 13:02 WIB

Penulis: Otomotifnet

First Drive New Toyota Rush TRD Sportivo Utimo A/T

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Mesin 35ZVE masih sama seperti pendahulunya

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior minim ubahan, tapi corak jok baru terlihat atraktif

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Stripping TRD Sportivo kombinasi merah

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pilihan warna baru, yaitu Nebula Blue yang lebih atraktif

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Sokbreker dan per racikan TRD

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Dengan desain pelek baru yang bikin beda.

Enggak mau kalah sama ‘kakaknya’, All New Fortuner. Kini dimedium SUV, Toyota seakan tak ingin membiarkan pasar SUV yang tumbuh 18% pada 2015 berlalu begitu saja

Jakarta - Jagoannya kali ini tentu New Toyota Rush. Memang, sosoknya masih sama seperti pendahulunya. Namun demi memperbanyak pasar yang sudah terjual hingga 212 ribu unit sejak pertama hadir 2006 lalu, ada penambah jok di baris ketiga, juga suspensi baru untuk varian tertinggi.

Sekarang, New Toyota Rush punya tiga tipe yakni G, TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo. Masing-masing punya opsi transmisi manual atau otomatis. Tapi kuncian paling menarik ada di varian tertinggi.

“Hasil survei dari 2011 hingga 2014, ada kebutuhan lebih soal kapasitas dan kenyamanan. Makanya kita develop tipe terbaru ini,” terang Henry Tanoto, Vice President PT. Toyota Astra Motor (TAM). Kalau sekadar melihat eksterior, tak kentara perubahan berarti. Kecuali untuk tipe G yang sama dengan pendahulunya, paling hanya stripping TRD Sportivo kombinasi merah dengan desain pelek baru yang bikin beda.

Begitu masuk interior, baru kentara sekali kalau tipe G masih andalkan kapasitas 5 penumpang, sementara lainnya sudah bisa menampung 7 penumpang. Wahh, langsung coba varian tertinggi yuk.• (otomotifnet.com)

Suspensi Baru

Ini adalah tipe termewah dari New Rush. Selain menambah bangku di baris ketiga untuk menampung 2 orang ekstra, begitu mengintip kolongnya ada suspensi baru berwarna merah yang menarik nih. Yup, New Rush TRD Sportivo Ultimo kini dilengkapi sokbreker dan per racikan TRD. Setelan ini diklaim bisa mengurangi gejala limbung yang kerap terjadi di generasi pendahulunya. Oke, mari kita coba!

Meski area test drive yang diberikan terbatas, namun cukup untuk mendapatkan impresi awal dengan suspensi baru ini. OTOMOTIF sengaja mencari jalanan yang ada polisi tidurnya. Begitu ban depan melewati polisi tidur pertama, bantingannya nyaris sama seperti generasi sebelumnya, tapi terasa lebih soft. Begitu ban belakang melewati polisi tidur ini, barulah terasa perbedaannya.

Klaim mengenai suspensi baru ini sesuai dengan hasil uji coba singkat OTOMOTIF. Bantingannya bisa lebih teredam, tanpa menimbulkan rebound berlebih. Penasaran, sekarang coba cari tikungan yang agak tajam. Di kecepatan sekitar 40 kpj, setir Rush ‘ditekuk’ untuk melewati tikungan. Hasilnya? Memang lebih baik dari sebelumnya, gejala limbung tereliminir cukup baik. •

Baris Ketiga Terbatas

Puas merasakan suspensi, kini saatnya mencoba tempat duduk baru di belakang. OTOMOTIF mencoba untuk duduk di jok baris ketiga, tapi untuk orang yang tingginya lebih dari 175 cm akan terasa sempit karena kaki harus tertekuk. Namun untuk yang tinggi badannya di kisaran 160-165 cm, rasanya tidak akan ada masalah. Apalagi AC double blower siap membantu pendinginan di bagian belakang. Overall, New Rush TRD Sportivo Ultimo memang sudah lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Apalagi kini ada pilihan warna baru, yaitu Nebula Blue yang lebih atraktif. •

Data Spesifikasi

Mesin 3SZ-VE, 4 silinder, DOHC, VVT-i
Kapasitas 1.495 cc
Diameter x Langkah 72 mm x 91,8 mm
Tenaga 107,5 dk/6.000 rpm
Torsi 141 Nm/4.400 rpm
Transmisi Otomatis 4 Percepatan
Suspensi TRD Sportivo (sokbreker dan per)
Pelek TRD 16 inci
Ban Dunlop ST20 Grandtrek, 235/60R16
Harga Rp 262,45 juta

EDITOR

Bagja

Top