Senin,17 Agust 2015 13:05 WIB

Penulis: bagja otomobil

First Drive VW Polo 1.2 TSI, Rasa Eropa Harga Jepang

Foto: Bagja

First Drive VW Polo 1.2 TSI, Rasa Eropa Harga Jepang


Jakarta - Di Jakarta yang macet, kepingin merasakan membelah kemacetan di dalam kabin mobil Eropa. Nyamannya dapat, performa dan kualitas juga dapat. Tapi soal harga? Untuk yang satu ini mesti cermat memilih. 

Ditengah dominasi hatchback-hatchback Jepang semisal Honda Jazz, Toyota Yaris maupun Mazda2, Volkswagen Indonesia melalui Graruda Mataram Motor bakal menyuguhkan alternatif menggoda untuk memilih VW Polo 1.2 TSI. Performa sama, dimensi tetap kompak, juga kisaran harga yang mirip-mirip. Rasa Eropa harga Jepang nih!

Sesuai namanya, VW Polo yang satu ini punya mesin lebih imut. Nah, meski belum diluncurkan, kebetulan OTOMOTIFNET bisa mencicipi terlebih dahulu. Tapi jangan langsung ngebahas mesinnya ah, lihat dulu tampang barunya yang lebih segar. Sederhana namun berkelas khas VW tetap mengental pada sosok VW Polo 1.2 TSI.

Logo VW terlihat keren berada ditengah grill bergaris horizontal, yang hanya sedikit diberi permainan aksen list krom. Begitu juga dengan aliran udara bergaris pada bumper, yang dipermanis dengan list krom. Spion kanan kiri, serta spoiler belakang, dilabur warna hitam tidak sewarna bodi.

Pelek alloy 16 inci juga terlihat sederhana desainnya dengan laburan satu warna silver. Agar semakin cocok dengan kondisi Indonesia, ban pakai Bridgestone Turanza, bukan ban lansiran Eropa. Oiya, terlihat juga hanya sepasang roda depan yang menggunakan rem cakram, sementara sepasang lagi dibelakang masih mengandalkan tromol.

Masuk ke dalam kabin, dengan dimensi panjang 3.970 mm, lebar 1.682 mm dan tinggi 1.453 mm, mobil ini terasa kecil dengan postur OTOMOTIF 178 cm. Tapi justru asik untuk di perkotaan. Toh posisi duduk tetap nyaman, kursinya ergonomis, meski pengaturan posisi belum elektrik, namun mudah dioperasikan.

Dengan bodi kompaknya ini jugalah yang membuat visibilitas ke depan, samping maupun belakang menjadi sangat leluasa. Ornamen dan tombol-tombol pada dasbor juga dibuat mudah diperasikan. Uniknya, mengoperasikan lampu-lampu tidak melalui tuas dibalik setir seperti mobil pada umumnya, namun terdapat di dasbor bagian kanan dari setir.

Pada setir juga sudah terdapat tombol pengaturan audio dan telepon, meski sayang audio yang terintegrasi pada dasbor belum mengusung layar sentuh. Namun, suaranya cukup oke dan pengaturan AC juga sudah digital.

Saatnya menjajal performa mesin imutnya nih. VW polo terbaru ini mengusung mesin hanya berkapasitas 1,2 liter. Namun, dengan teknologi Turbo Stratified Injection (TSI) tenaga yang dihasilkan mencapai 108 dk dan torsinya 175 nm. Bandingkan dengan model sebelumnya yang menggunakan mesin 1.4 liter Multi-Point Injection (MPI), hanya bertenaga 85 dk.

Ketika mesin dinyalakan, suara berisik khas mesin Eropa terdengar dari luar, namun di dalam kabin, sama sekali tidak ada suara bocor. Langsung saja OTOMOTIF menggeser tuas transmisi otomatis DSG 7 percepatan ini ke posisi D. Cukup responsif untuk mobil bermesin 1.2 liter, dan perpindahan gigi yang rapat menjadi lumayan halus. Untuk kemacetan Jakarta, stop and go pun enggak masalah.

Bahkan, coba sesekali pindahkan tuas transmisinya ke posisi S, akselarasi yang ditawarkan jauh lebih responsif, putaran mesin juga cenderung tinggi dan anda akan dimanjakan dengan akselarasinya yang spontan, jadi lupa kalau menggunakan mobil bermesin hanya 1.2 liter.

Redaman suspensinya saat berjalan pelan dijalan tidak rata juga terbilang empuk, meski saat dicoba bermanuver tetap terasa lincah dan presisi, tidak ada gejala limbung, apalagi sulit dikendalikan. Mobil ini seperti menurut dan benar-benar dibawah kendali pengemudi.

Dari segi keselamatan, Polo 1.2 TSI sudah dilengkapi dengan Airbags pada beberapa titik, Automatic Post-Collision Braking System, ESC (Electronic Stability Control), termasuk ASR & EDL. 

Nah, puas mencicipi mobil Eropa sekelas Honda Jazz, Toyota Yaris maupun Mazda2 kan? VW Polo 1.2 TSI beneran Rasa Eropa Harga Jepang nih! (mobil.otomotifnet.com)
Top