Sabtu,15 Agust 2015 13:14 WIB

Penulis: pewete pewete

First Impression Great New Daihatsu Xenia R Sporty

Foto: F.YOSI

First Impression Great New Daihatsu Xenia R Sporty



Melihat langsung Great New Xenia tipe R Sporty yang notabene jadi flagship bagi PT Astra Daihatsu Motor, memang banyak ubahan yang sudah dilakukan


Jakarta - Lebih gagah dan kokoh dari produk terdahulu, itu jadi kesan pertama yang terlihat dari sosok Great New Daihatsu Xenia tipe R Sporty. Ada beberapa perubahan pada bagian depan jadi penyebab dari kesan tersebut.



Mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i, klaim efisiensi bisa mencapai 15%

Desain kap mesin baru dengan aksen yang sedikit mengembung dibagian pinggir kiri dan kanan. Model terdahulu, pada bagian ini menimbulkan kesan yang langsing. Grill depan juga mengalami perubahan dan pada produk anyar ini tampak lebih lebar dan memiliki kesan kuat. Di tipe R Sporty ditambah aksen krom yang bikin Great New Xenia (GNX) tambah elegan.



Desain anyar juga ada di bumper depan dengan foglamp bulat dan hanya pada tipe R Sporty, ditambah daytime running light (DRL). Masih pada tipe yang sama, juga ada tambahan bumper guard yang berkelir hitam.



Jok baris ke-3 terpisah, bisa bawa barang lebih banyak


Beralih pada bagian samping sisi atas, nampak adanya list kaca dari depan sampai belakang dengan aksen krom. Untuk pintu depan dan belakang yang polos, lekukannya masih sama dengan produk terdahulu. Bodi bagian bawahnya, dilindungi dengan side stone guard.



Stoplamp kombinasi, berubah dan bikin bagian belakang lebih fresh

Banyak penanda bagi pengemudi lain yang ada di belakang. Maksudnya selain stoplamp yang berubah desain terutama untuk lampu mundur, juga ada reflector di bagian kiri kanan pintu bagasi. Bumper belakang pun mengalami perubahan desain.



Tampang depan berubah total, dari desain lampu grill bahkan bumber

Dari produk terdahulu, tampak kalau bumper belakang GNX lebih tipis dan untuk tipe R Sporty ada pelindung berwarna hitam. Saat duduk jok berkelir cokelat gelap, kesan yang timbul lebih mewah. Apalagi di bagian dasbor yang sudah two tone plus aksen krom dan silver.



Desain meter indikator berubah dan kini sudah dilengkapi MID

“Eksterior dan interior merupakan salah satu dari selling point dari Great New Xenia, yakni lebih stylish,” kata Priyo Wisaksono, Head Product I & II Departement Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor.



Bumper lebih tipis dan dan diberi pelindung hitam

Balik lagi ke soal jok, khususnya pada baris ke-3 yang sekarang model terpisah. Jadi kalau ingin bawa barang banyak, tinggal dilipat saja. Kemudi terasa lebih enak digenggam dan desainnya mirip dengan yang dipakai untuk Terios. Bisa disetting tinggi rendah sesuai dengan kebutuhan dari pengemudi.

Mesin baru 1.300 cc menggantikan mesin lama yang masih menggunakan K3-VE DOHC VVT-i. GNX menggunakan mesin berkode 1NR-VE berspek DOHC Dual VVT-i. “Dengan mesin baru tersebut, membuatnya lebih efisien dan bertenaga. Bisa lebih efisien, oleh karena timing buka-tutup klep in dan ex diatur oleh ECM,” papar Priyo.

Tak hanya soal efisiensi, dengan mesin baru tersebut terjadi peningkatan tenaga dari yang 90 dk/6.000 rpm jadi 95 dk diputaran mesin yang sama. Torsi juga mengalami peningkatan, dari 117 Nm/4.400 rpm jadi 121 Nm/4.200. • (otomotifnet.com)

Kabin
LEBIH senyap, KOK BISA?

Jakarta -
Selain lebih stylish, efisien dalam pemakaian bahan bakar dan bertenaga, Great New Daihatsu Xenia juga diklaim lebih aman dan nyaman. Salah satu faktor dari kenyamanan yang ditingkatkan adalah soal kondisi kabin yang lebih senyap. “Ada penyempurnaan di bagian peredaman dan konstruksi. Hasilnya engine noise 14% lebih kecil dari produk terdahulu. Booming noise atau suara-suara yang masuk ke dalam kabin, juga tereduksi,” ungkap Priyo Wisaksono.

Pasti penasaran, apa saja yang sudah dilakukan sehingga engine dan booming noise-nya tereduksi? •

• Penambahan peredam pada
• firewall, sehingga getaran yang ditimbulkan saat mesin menyala enggak terlalu besar masuk ke kabin.
• Boks filter udara mengalami perubahan posisi dan disaluran udara masuknya ditambahkan 1 chamber
• Sehingga mengurangi turbelensi udara masuk. Efeknya bisa mengurangi suara yang ditimbulkan dan membuat jumlah udara masuk   lebih optimal. “
• Output power
• mesin jauh lebih baik,” kata Priyo.
• Menggunakan sistem penggerak roda belakang, membuat GNX memiliki propeller shaft
• Sudut kemiringan dari penghubung putaran dari transmisi ke diferensial dibuat 0º. Suara yang timbul karena adanya gesekan dan   getaran bisa direduksi semaksimal mungkin.
• Dinding gardan dipertebal, harapannya suara gesekan dan getaran enggak sampai terdengar ke dalam kabin.
• Karet pintu mobil, sepertinya juga ikut dibuat lebih tebal untuk meredam suara yang datang dari luar kabin. Tujuannya baik,   tapi pengguna GNX harus sedikit mengeluarkan tenaga untuk menutup pintu (terutama depan).












EDITOR

Otomotifnet

Top