Jumat,18 Sept 2015 15:12 WIB

Penulis: pewete pewete

First Impression Mazda CX-3, Pesaing Honda HR-V!

Foto: PANJI

First Impression Mazda CX-3, Pesaing Honda HR-V!



Dimensinya lebih kecil dari Mazda CX-5 dengan berbagai fitur yang sama dengan All New Mazda2, siap menantang Honda HR-V tahun depan


Jepang - Tanpa disengaja, berkunjung ke kantor pusat Mazda Motor Corporation di Hiroshima, Jepang (24-28/8) bisa ‘memergoki’ Mazda CX-3 yang digembor-gemborkan akan hadir di Indonesia. “Tahun depan. Mengenai awal atau akhir, masih dibicarakan lagi,” jelas Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia yang menemani di acara Mazda Asean Media Forum, di Hiroshima, Jepang.



Rencana mesin bensin 2.000 cc yang bakal masuk

Tidak berlama-lama menunggu, langsung aja eksplor sosoknya. Dari ukuran, sedikit lebih kecil dari kakaknya, CX-5. Kalau melihat data speknya sih memang benar. Dimensi CX-3 sebesar 4.275 x 1.765 x 1.550 mm (P x L x T) sedangkan CX-5 berukuran 4.540 x 1.840 x 1.710 mm.



Desain dan fitur sama dengan All New Mazda2

Wheelbase keduanya berbeda 13 cm (CX-3 = 2.570 mm dan CX-5 = 2.700 mm). Dari situlah, kalau CX-3 bersaing dengan HR-V. Masuk ke kabin depan, pandangan sekeliling terasa familiar, tidak ada yang baru! Oww ternyata desain kokpit sama kayak All New Mazda2.



Full speaker persembahan Bose

Karena memang platform keduanya setali tiga uang alias sama. Bahkan sampai kelengkapannya pun tidak banyak berbeda. Contoh fitur MZD Connect dan Commander Control serta head-up display atau dilabeli Active Driving Display.



Leg room belakang mirip Pesaingnya

Pun dengan fitur climate control AC, Audio & Voice Command Control di setir, paddle shift, tombol push start stop juga tersedia. Bagaimana dengan mesin? Di Jepang, CX-3 menyuguhkan dua pilihan mesin, Skyactiv-G (Gasoline) 2.000 cc dan Skyactiv-D (Diesel) 1.500 cc dengan transmisi Skyactiv-MT (manual 6 percepatan) dan Skyactiv-Drive Automatic (otomatis 6-percepatan). Apakah keduanya akan masuk Indonesia?



Pilar C dan kaca dibuat menyatu, cukup menarik

“Kalau yang 1.500 cc diesel kita enggak akan keluarkan. Karena masih mempelajari standar solar di Indonesia dahulu,” jawab Astrid. Jadi hanya tersedia dapar pacu bensin 2.000 cc dengan spek 4 silinder 16-valve DOHC S-VT. Bakal ketemu HR-V 1.8 nih!

Ketika ditanya harga, Astrid belum bisa memastikan. Namun di Jepang, banderol CX-3 dari berbagai tipe berkisar Rp 260-350 juta. Tapi sih kabarnya, CX-3 akan diimpor dari pabrik Mazda di Thailand sehingga bisa lebih kompetitif. Semoga.. • (otomotifnet.com)







EDITOR

Otomotifnet

Top