Selasa,22 Nov 2016 12:15 WIB

Penulis: otomotifnet

First impression New Toyota Yaris TRD Sportivo Bisakah Dihitung Facelift?

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bumper belakang masih sama persis, perubahan ada di spoiler yang seperti dibalik warnanya

Jakarta - Di balik hiruk-pikuk kehadiran Yaris Heykers, seakan perhatian dari versi facelift line-up Yaris yang ada sebelumnya teralihkan. Bahkan PT Toyota Astra Motor pun hanya menampilkan presentasi versi TRD Sportivo terbarunya tersebut kurang dari satu menit sebelum mulai menggantinya dengan slide untuk Heykers.

Terlalu sedikit kah perubahannya hingga hanya pendatang baru yang berdandan sebagai crossover yang perlu mendapat lampu sorot utama? Berikut OTOMOTIF bahas apa yang terjadi dengan varian terlaku All New Yaris. Start from the basic, ubahan paling terlihat adalah kaki baru. Pelek berwarna brushed metal akhirnya dipensiunkan, kini gantinya berkelir dual tone dan bermotif seperti kipas dengan ukuran sama, 16 inci dan ban Bridgestone Turanza 195/50 R16.

Pilihan yang unik, mengingat Heykers justru memakai varian Bridgestone Ecopia. Kemudian rumah foglamp tersambung oleh lis hitam dari gril radiator dan diarahkan ke bawah. Warna spoiler belakang seperti dibalik, warna merah kini ada di bawah dan bagian atasnya jadi hitam gloss. Tulisan ‘TRD Sportivo’ di stiker samping kini pindah ke belakang fender depan.

Apa lagi? Sayangnya, perubahan yang terlihat hanya sebatas tadi. Ini berarti varian E dan G tidak terjadi perubahan apapun selain desain pelek, karena body kit dan stiker eksklusif untuk TRD Sportivo saja. Memang, perubahan utama ada di mesin yang sekarang sudah menggunakan 2NR-FE dari Sienta yang bertenaga 105,5 dk dan torsi 136 Nm dan transmisi CVT barunya. Namun mengubah nama dari ‘All

New Yaris’ saat diluncurkan di tahun 2014 menjadi ‘New Yaris’ sekarang, kami berharap lebih banyak yang berubah secara kasat mata. Well, apakah perubahan minim ini hanya strategi TAM untuk tetap mengikat mereka yang lebih menyukai desain Yaris pre-facelift dibanding setelah bertransformasi menjadi Heykers? Only time will tell… • Sano/otomotifnet.com

EDITOR

Pilot

Top