Kamis,27 Agust 2015 14:04 WIB

Penulis: pewete pewete

First Impression Toyota i-Road, Bukan Pengganti Mobil

Foto: SANO

First Impression Toyota i-Road, Bukan Pengganti Mobil



Sang raksasa negara matahari terbit kembali berinovasi membuat kendaraan mobilitas pribadi. Menggabungkan kepraktisan motor dan kenyamanan mobil tujuannya


Jakarta - Masalah pengendara motor yang mudah terkena hujan dan pengemudi mobil yang selalu mengeluh macet, sepertinya dapat terselesaikan dengan kehadiran 3-wheeler ini. Namun penerus Toyota i-Unit, i-Swing dan i-Real ini bukan ditakdirkan untuk menggantikan peran mobil, melainkan sebagai pelengkap komuter harian.

Berbekal baterai lithium-ion 5,5 kWh, beratnya yang hanya 300 kg membuat Toyota berani mengklaim jarak tempuhnya mencapai 50 km sekali charge penuh. Baterai ini untuk menggerakkan dua motor 2 KW (2,68 dk), 1 pada masing-masing roda depan.

Bagaimana bisa ringan? Lihat profil 2 buah ban depan yang hanya 80/90 dengan diameter 16 inci dan belakang 120/90 berdiameter 10 inci, mirip ban motor! Namun fungsi dasar mobil tetap hadir. Seperti dua pintu, membukanya pun normal dengan menarik handel. Di dalam, dasbor simpel dengan setir bulat seperti milik Vios juga hadir. Jok memiliki fungsi slide, walau tanpa recline.

Kemudian soal kontur joknya yang sangat kecil, awalnya OTOMOTIFNET bingung soal kenyamanannya. Namun saat dicoba duduk, ternyata terasa normal saja. Pun begitu, tak ada tuas transmisi. Sehingga berjalan hanya sesimpel maju dan mundur. Untuk memilihnya, tinggal menekan tombol R, N atau D di sebelah kiri dasbor.

Yang paling unik adalah bagaimana trike ini berbelok. Saat setir diputar, ban belakang yang akan berbelok. Ban depan tidak berbelok sama sekali, melainkan membengkok dengan sudut yang ditentukan oleh komputer yang memberi sensasi belok seperti motor. Hasilnya, radius putar sekecil 3 m!

Toyota menyebutnya Active Lean Technology, yang bekerja dengan sistem mirip giroskop dan beraksi seperti suspensi independen ketika menghadapi jalan tidak rata. Ya, memang i-Road masih menjadi kendaraan prototype, namun Toyota sudah merencanakan matang versi produksi dengan mengetesnya sebagai proyek urban mobility di Tokyo, Jepang dan Grenoble, Prancis setahun terakhir ini.

Tidak sabar menunggu versi akhirnya mengubah cara kerja sistem transportasi kini? • (otomotifnet.com)


Data Spesifikasi

Mesin: 2 Motor Listrik @ 2 KW (2,68 dk) Baterai: Lithium-Ion 5,5 kWh Sistem kemudi: Active Lean Technology Dimensi (p x l x t): 2.345 mm x 870 mm x 1.455 mm Wheelbase: 1.695 mm Berat: 300 kg Roda Depan/Belakang: 80/90R16 (2 buah)/120/90R10



Sensor parkir dan jendela belakang memastikan 3-wheeler ini aman saat bermanuver mundur



Meski kecil, namun jok tetap terasa normal saat diduduki. Sebagai bonus, ada fungsi slide agar dapat menemukan posisi duduk yang pas



Menghemat beban, jendela diatur secara manual dengan cara diangkat dan penggunaan bahan ringan. Hasilnya, beratnya hanya 300 kg!



i-ROAD hanya ditenagai motor elektrik 2 KW pada setiap roda depannya, dengan baterai lithium-ion 5,5 kWh yang tahan hingga 50 km sekali charge



Dasbor sederhana namun tetap terlihat seperti mobil, setir mirip Vios dengan spidometer digital



Active Lean Technology, memungkinkan ban depan membengkok layaknya sepeda motor

EDITOR

Otomotifnet

Top