Senin,7 Sept 2015 11:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Komparasi Cairan Washer, Berapa Lama Kecap Bisa Bertahan?

Foto: TYO

Komparasi Cairan Washer, Berapa Lama Kecap Bisa Bertahan?



Jakarta
- Setiap kaca depan kotor saat melakukan perjalanan, pasti butuh cairan pembersih (washer fluid) untuk membuat kaca kembali bening. Tak hanya karena debu, tapi mulai dari serangga sampai noda minyak. Alhasil air biasa terkadang tak cukup untuk membersihkan kaca. Maka dari itu, ragam washer fluid pun banyak terlihat.

“Kebanyakan dari cairan tersebut, saat disemprotkan pada kaca, mengeluarkan busa,” Denny Chandra, Workshop Manager BM Service di Jl. Garuda, Jakpus. Biar enggak penasaran dan ingin tahu seberapa cepat cairan tersebut membersihkan kotoran pada kaca. OTOMOTIF pun  menjajal langsung keampuhannya.

Produk dipilih secara acak dari toko aksesori dan agar adil, metodenya disimulasikan sama untuk semua produk. •  (otomotifnet.com)


metode pengetesan

Media yang dipakai melakukan tes adalah kaca depan Toyota Avanza yang jadi mobil operasional OTOMOTIF. Kecap sebanyak 10 ml dijadikan contoh kotoran yang menempel pada kaca tersebut. Setelah kaca dibersihkan, lalu kecap disemprotkan ke permukaan. Setelah itu, wiper dinyalakan berbarengan dengan disemprotkannya cairan pembersih.

Sebelum menggunakan air yang dicampur dengan produk, kaca depan dibersihkan dulu dari debu atau kotoran lainnya yang menempel. Setelah itu baru disemprot kecap dan dibersihkan dengan air biasa yang sudah diisikan pada tabung washer. Rata-rata, kecap yang mengotori kaca depan, baru benar-benar bersih setelah tersapu wiper sebanyak 12 kali.



Windshield Cleaner-Waxco


Produk ini juga mengandalkan kemasan dari bahan plastik. Pembeda dari 2 cairan pembersih lainnya adalah kelirnya yang oranye bening. Aturan pakai dari cairan yang per botolnya berisi 150 ml adalah 25 ml untuk dicampurkan pada air sebanyak 2,5 liter. Hanya dengan 8 kali sapuan, kecap yang menempel pada permukaan kaca depan hilang dan pandangan pengemudi jadi jelas.



724-Tunap


Konsentrat cairan pembersih kaca dari Jerman ini, dikemas dalam botol plastik 25 ml dan tidak memiliki warna alias bening. Memang kemasannya botol kecil, namun 724 ini enggak bisa dicampurkan semuanya.Untuk satu botol 25 ml tersebut, bisa dicampurkan dengan air sebanyak 5 liter. Jadi hanya butuh setengah botol 724, untuk dicampurkan pada tangki washer Avanza. Cukup 7 kali wiper menyapu permukaan kaca, kecap yang menempel langsung bablas. Kaca depan terlihat lebih bening.




Winshiekd Wiper Fluid-GF One


Dikemas dalam botol plastik berukuran 120 ml. Klaimnya bisa membersihkan minyak, oli dan serangga yang menempel pada kaca depan. Aturan pakainya, setengah botol cairan pembersih untuk satu tangki penyimpanan air washer.Butuh sebanyak 10 kali sapuan, sampai akhirnya permukaan kaca depan bersih dari kecap yang menempel.



Water Fluid-Vicar


Cairan yang ada di dalam botol plastik, berwarna biru dan pastinya keluar busa saat dikocok. Dari 200 ml yang ada di dalam botol, aturan pakainya hanya dipakai sebanyak 30 ml untuk air 1 tabung washer.Dengan 10 kali sapuan, kotoran yang menempel pada permukaan kaca hilang tak berbekas dan tampak jadi bening.

peringatan

Jangan menyalahi aturan pakai yang sudah ditetapkan. Busa berlebih akibat kebanyakan cairan yang dicampur dengan air, bisa malah mengganggu konsentrasi pengemudi.

Kesimpulan

Semua produk cairan pembersih kaca, secara kasat mata mengandung campuran bahan yang kurang lebih sama. Itu terlihat  dari timbulnya busa saat cairan disemprotkan.Keampuhan membersihkan permukaan kaca depan dari kotoran yang membandel seperti kecap, memang bervariasi. Tapi yang pasti, pada akhirnya semau membersihkan kotoran yang menempel

EDITOR

Otomotifnet

Top