Senin,16 Nov 2015 18:01 WIB

Penulis: Pilot

Long Term Tes Produk Aftermarket, Selesaikan Etape I Medan Jakarta Sejauh 2.569 Km

Foto: F Yosi, Pilot

Long Term Tes Produk Aftermarket, Selesaikan Etape I Medan Jakarta Sejauh 2.569 Km


Jakarta – Tim Long Term Test (LTT) produk aftermarket telah menyelesaikan etape I, Medan – Jakarta. Melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 2.569 km. Selama 8 hari melewati 8 kota di pulau Sumatera, yaitu Medan, Rantauprapat, Pekanbaru, Padang, Muarabungo, Jambi, Palembang hingga Lampung. Tiba di Gedung Kompas Gramedia Jl. Panjang No.8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu pagi pukul 01.30 (14/11).
 
“Alhamdulillah tim sampai dengan selamat, semua sehat. Demikian pula dengan produk-produk yang kami uji. Tidak ada masalah sama sekali selama di perjalanan,” ujar Billy Riestianto, Editor in Chief OTOMOTIF yang turut serta pengujian ini.

Kegiatan LTT ini merupakan kerjasama OTOMOTIF dengan PT Dirgaputra Ekapratama (DEP). Dilaksanakan selama 4 bulan dibagi dalam 3 etape. Etape I akan melintasi rute di pulau Sumatera, Medan – Jakarta. Etape II wilayah Jakarta dan sekitarnya. Etape III Jakarta hingga Gresik, Surabaya.

 

 


Komponen yang di uji ada beberapa produk. Yaitu ada merek RCA dengan produk aki dan kopling set, lalu Neolux yang mengandalkan bohlam lampu depan. Serta merek Kujira dengan produk unggulannya adalah komponen kaki-kaki, seperti ball joint, lower arm, tie rod, stabilizer link dan rack end. Lalu MK Kashiyama dengan produk kampas dan minyak rem.  

Selama di perjalanan berbagai macam kondisi cuaca dan permukaan jalan banyak ditemui. Mulai dari yang mulus dan lebar hingga sempit dan berlubang. Ditambah lagi kontur turun naik dan tikungan yang berliku.

“Rute Sumatera yang dipilih memang menantang. Sangat cocok digunakan untuk menguji kekuatan suatu produk. Saya sendiri merasakan langsung kondisi di perjalanannya,” ujar Joseph PM, Head of Marcomm PT Dirgaputra Ekapratama yang ikut rute Pekanbaru Padang.

 

 

 

 


Joseph PM. Rute Sumatera memang menantang


Tambah berat karena harus melewati banyak truk besar yang beriringan dan banyak perbaikan jalan. Sedang tim kadang harus mengejar waktu. “Jadi seringkli kendaraan harus dipacu maksimal. Komponen yang diuji pun jadi semakin bekerja lebih keras,” terang Rio Fajar, Redaktur R4 OTOMOTIF. Hebatnya semua komponen bisa bekerja dengan baik.

Tidak hanya melakukan pengujian, tim LTT juga berkunjung toko-toko yang menjual produk keluaran DEP. “Kegiatan seperti ini baik sekali, karena bisa membuktikan ketangguhan produk yang dijual. Efeknya semoga bisa meningkatkan penjualan,” ujar Nasserman pemilik toko Garuda Service di Jl. Lintas Sumatera, Simpang Tiga Muaro Kalaban, Sumatera Barat.

Selain ke toko, juga bertemu dengan komunitas otomotif di daerah. Salah satunya yang ditemui saat di Padang adalah White Car Indonesia (WCI). “Selamat datang di kota Padang, semoga kegiatan seperti ini sering dilakukan dan melibatkan komunitas di daerah sehingga lebih menghidupan kegiatan komunitas otomotif di daerah,” ucap Rangga perwakilan WCI Padang.    

 

 

 

 

 

 

 

 

EDITOR

Denta

Top