Jumat,13 Nov 2015 10:35 WIB

Penulis: Pilot

Long Term Test Produk Aftermarket, Cara Aki RCA Suplai Listrik Tetap Stabil

Foto: F Yosi

Long Term Test Produk Aftermarket, Cara Aki RCA Suplai Listrik Tetap Stabil



Lampung
- Bakal menempuh rute lebih dari 10 ribu km, pasti butuh aki mumpuni supaya starter mesin tetap lancar dan kebutuhan listrik kendaraan dapat dipenuhi. Makanya, dipasang aki RCA tipe NS60LS 46B24LS yang dipakai pada Toyota Kijang Innova dan seri NS40 32B20R pada Avanza.

Pada Kijang Innova, aki ini memiliki tegangan 12V dengan kuat arus 45AH, sedang pada Avanza sama-sama punya tegangan 12V dengan arus sebesar 32AH.

“Supaya meminimalkan oksidasi atau kerak putih yang biasa terdapat di kepala aki. Pemasangan terminal atau kepala aki harus rapat. Jadi enggak usah pakai grease lagi yang malah bikin debu nempel,” wanti Billy Wibisono, Automotive Product Manager DEP.

Terpenting, voltase yang dihasilkan tidak pernah kurang dari 12 V dan ini terbukti pada kedua aki yang terpasang. diukur pakai multitester sesaat sebelum mesin di-starter, keduanya menunjukkan angka 12,6 V dan 12,7 V. Saat diukur sambil starter mesin pun, keduanya terbilang masih bagus karena tidak kurang dari 10 V (Avanza 10,5V; Innova 11,1V).

Keunggulan kedua aki ini adalah pemakaian bahan Propylene Copolymer untuk container-nya. Sehingga lebih kuat menahan guncangan selama perjalanan dan tahan lama. Belum lagi, grid terbuat dari material Low Antimony Lead Alloy untuk menghasilkan self discharge dan water loss yang rendah.

Selain itu, usia pakainya yang bisa melebihi 1,5 tahun dengan perawatan rutin, seperti tak alpa mengecek kondisi air akinya. Proses ini pun selalu dikerjakan selama perjalan LTT, akni mengecek tingkat air aki jangan sampai kurang atau lebih dari batas wajarnya.

Aki RCA juga didukung separator yang dilapis bahan glassmat. Bahan ini berfungsi untuk melindungi pelat dari getaran oleh jalan. Makanya, tim tak pernah susah starter mesin selama perjalanan dan kebutuhan listrik pun selalu terpenuhi.

Terakhir untuk menjaga performanya, pastikan alternator masih dapat bekerja dengan baik menyuplai kebutuhan listrik kendaraan. Ini juga dibuktikan dengan performa alternator kedua MPV uji coba.

Pada Kijang Innova, multitester mencatat angka 13,9V, sedang pada Avanza angka yang tertera sebesar 14,2V. Artinya, alternator masih punya sisa listrik untuk mengisi ulang listrik pada aki (otomotifnet.com).

EDITOR

Denta

Top