Kamis,12 Nov 2015 09:39 WIB

Penulis: Pilot

Long Term Test Produk Aftermarket, Efek Jalan Bergelombang Sampai Palembang

Foto: Pilot

Long Term Test Produk Aftermarket, Efek Jalan Bergelombang Sampai Palembang



Palembang
- Sekali lagi, enggak ada kendala berarti dengan penggunaan produk aftermarket dari PT Dirgaputra Ekapratama di Long Term Test (LTT) Produk Aftermarket. Pada hari ke-6 (11/11), produk MK Kashiyama (kampas rem dan minyak rem), RCA (aki dan kopling set), Neolux (bohlam), Kujira (tie rod, ball joint, lower arm, upper arm dan stabilizer link)   dan IBK (engine mounting) melibas jalanan dari Jambi ke Palembang, Sumsel.

Secara global, jalanan yang dilewati konturnya datar dengan banyak kelokan. Kendaraan yang melintas dari truk tangki sampai dengan truk pengangkut sawit dan mobil pribadi.

“Walau konturnya datar, tapi bergelombang dan itu yang bikin badan jadi pegal-pegal,” ujar Irwan Ferryal GM Product dan Support PT Dirgaputra Ekapratama.

Selain apa yang dibilang Irwan, jalanan yang naik turun perlu dapat perhatian khusus bagi pengendara saat hendak menyalip. “Enggak bisa tergesa-gesa ambil keputusan untuk menyalip alias harus sabar. Kalau enggak, ciluk baa….berhadapan langsung deh dengan truk atau kendaraan lain dari arah berlawanan,” kata Johni Steven yang jadi penunjuk jalan tim LTT Produk Aftermarket.

Soal jarak dari Jambi ke Palembang, memang hanya 315 km dan bila dapat memacu kendaraan dengan kecepatan konstan 60 kpj, maka waktu perjalanannya hanya 5-6 jam saja. Tapi karena padatnya lalu lintas dan kontur jalan yang bergelombang, maka perjalanan ditempuh dalam waktu 8 jam.

Rute berikutnya Palembang menuju Bandar Lampung, Lampung dengan jarak 367 km. Kecepatan normal 60 kpj bisa ditempuh selama 6-7 jam saja. Tapi dengan kemungkinan kontur jalan yang sama dengan rute-rute sebelumnya, bisa jadi perjalanan ini akan memakan waktu 10 jam lebih (otomotifnet.com). 
 


EDITOR

Denta

Top