Kamis,5 Nov 2015 05:42 WIB

Penulis: Pilot

Long Term Test Produk Aftermarket, Ini Persiapan Yang dilakukan Sebelum Perjalanan

Foto: oct

Long Term Test Produk Aftermarket, Ini Persiapan Yang dilakukan Sebelum Perjalanan



Jakarta
- OTOMOTIF bekerjasama dengan PT DIrgaputra Ekapratama bakal menguji berbagai suku cadang nih. Namun sebelum unit tes berupa Toyota Avanza tipe G M/T dan Innova tipe G M/T dikirim ke Medan, Sumut, beberapa persiapan dilakukan tentu harus dilakukan.

Mulai dari pemasangan stiker yang memiliki filosofi go green dan kemudian dilajutkan ke urusan part yang dipakai untuk LTT. Pemasangan part dikerjakan di Planet Ban R4 di Jl. RE. Martadinata Pamulang, Tangsel.“Tepatnya di dekat sentra otomotif Pondok Cabe dan ini merupakan outlet ke-2,” ucap Wing Wiryadi Joe, Operation Director PT Surganya Motor Indonesia.

Alat-alat yang cukup lengkap, membuat pemasangan part seperti kampas rem jadi lebih mudah. “Apalagi kampas remnya tinggal pasang alias enggak usah ada penyesuaian,” kata Sukandi Endah, dari OTOMOTIF Service Station (OSS) di Jl. Kebon Jeruk, Jakbar yang turut membantu proses pemasangan.

Persiapan tersebut, sekaligus melakukan inspeksi terhadap kendaraan yang dipakai sebagai unit tes. Seperi kondisi sistem pengereman depan maupun belakang.“Kalau cakramnya baret, maka pengereman enggak bisa maksimal. Dalam kondisi seperti itu pula, kemampuan dari kampas rem MK Kashiyama enggak bisa dirasakan maksimal,” ungkap Billy Wibisono, Automotive Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama.

Selanjutnya pengerjaan diarahkan pada penggantian bohlam Neolux, aki RCA dan ganti minyak rem. Baru kemudian setting ball tie rod, ball joint, lower arm, upper arm, stabilizer link, engine mounting dan terakhir urusannya ke ganti kopling set.“Setelah semua sudah dipasang, baru dilakukan wheel alignment, balancing dan tes jalan,” papar Octa Saputra, awak redaksi OTOMOTIF yang jadi person in charge Long Term Test Produk Aftermarket ini.

Pra LTT ini diakhiri dengan pemberangkatan ke-2 unit kendaraan tersebut ke Medan dengan cara digendong. Perkiaraan akan butuh waktu 5 hari 4 malam, perjalanan dari Jl. Panjang, Jakbar menuju ibukota provinsi Sumut itu. (otomotifnet.com)


EDITOR

Denta

Top