Minggu,8 Nov 2015 21:02 WIB

Penulis: Pilot

Long Term Test Produk Aftermarket, Pekanbaru-Padang, Trek Perbukitan

Foto:

Long Term Test Produk Aftermarket, Pekanbaru-Padang, Trek Perbukitan



Padang
- Suasana asri Pekanbaru, Riau enggak bisa dinikmati berlama-lama. Soalnya jadwal perjalanan menuju Padang, Sumbar sudah menunggu.

Berbeda dengan rute-rute sebelumnya, menuju ke Padang kontur jalanannnya tanjakan dengan beberapa belokan yang cukup tajam. Tak kalah menantangnya adalah turunan yang mengharuskan pengemudi untuk bersabar saat melaluinya, apalagi dengan jalanan yang enggak lebar.

Trek menantang dengan pemandangan alam Bukit Barisan, makin keren saat melihat dan melintasi jembatan di kawasan daerah yang biasa disebut Kelok 9. Jembatan sepanjang 2,5 km dengan desain modern ini, baru diresmikan pada 2013 lalu. "Tipikal jalan yang dilalui benar-benar menantang, tim kompak dengan pengemudi yang berpengalaman," Joseph PM, Head of Marcomm PT Dirgaputra Ekapratama yang ikut rute Pekanbaru Padang.



Kampas rem MK Kashiyama yang menggunakan bahan Kevlar, kali ini bekerja lebih keras. Pun demikian dengan kampas kopling RCA yang berbahan non asbestos.

“Start dari Pekanbaru, trek yang dilintasi cenderung datar dan sempit. Butuh sabar kalau ingin mendahului kendaraan di depan dan kondisi seperti ini, pas buat pengujian kampas rem,” kata Rio Fajar Aviantara, redaktur teknik R4 yang ikut dalam rombongan LTT.

Sedangkan untuk trek tanjakan dan turunan dikawasan Payakumbuh menuju Kelok 9, bagi Rio paling pas untuk merasakan performa kampas kopling RCA. Rute kali ini kebetulan cuacanya hujan di malam hari, bohlam Neolux punya peranan penting buat menerangi jalan.
Next trip Padang menuju Jambi dengan jarak tempuh lebih kurang 612 km (otomotifnet.com).
 

 

EDITOR

Denta

Top