Senin,30 Mei 2016 09:12 WIB

Penulis: Octa Saputra

Merasakan Mode D dan S di All New Civic Turbo

Foto: octa

Jajal mode D dan S Civic Turbo di Sirkuit Sentul, Bogor

BOGOR - Pada tuas presneling kendaraan bertransmisi otomatis seperti punya All New Honda Civic 1.5L VTEC Turbo, urutan modenya P, R, N, D dan S. Bagaimana rasanya ketika berkendara dengan mode D atau S?.

“Untuk penggunaan dalam kota atau ingin berakselerasi di cepat dengan kondisi trek pendek, maka paling enak posisikan tuas persneling di mode D,” ucap Muhammad Zuhdi, Technical and Warranty Manager PT Honda Prospect Motor (HPM).

Ketika saran tersebut dipraktekkan di trek lurus 402m, memang terasa perpindahan gigi transmisi otomatis All New Civic lebih cepat atau sudah terjadi pada putaran mesin yang rendah. Selain memudahkan ketika berkendara harian, ternyata dengan mode D bisa merasakan sensasi lain (akselerasi cepat di trek pendek).

Berikutnya dijajal dengan memindahkan tuas persneling di mode S. Pertama kali yang dirasakan dari posisi All New Civic berhenti adalah akselerasi yang kurang agresif diputaran mesin bawah.

Tapi ada seperti tendangan tenaga, ketika mesin sudah berputar di rpm atas. Pada perpindahan gigi berikutnya, dirasakan putaran mesin terjaga rpm menengah dan kembali tendangan tenanganya terasa setelah putaran mesin atas.

Dari ke-2 hasil uji coba terhadap All New Civic itu, cukup pakai mode D saja kalau agresif di trek pendek. Trek yang lebih panjang, baru pindahkan ke S.

EDITOR

Bagja

Top