Rabu,4 Nov 2015 13:10 WIB

Penulis: pewete pewete

New Mazda6 vs New Toyota Camry 2.5 V (Bag 3) Akomodasi dan Konsumsi BBM

Foto: F.YOSI

New Mazda6 vs New Toyota Camry 2.5 V (Bag 3) Akomodasi dan Konsumsi BBM



Siapa bilang pasar full sedan hanya diisi sekadar mobil nyaman namun membosankan?

Jakarta - Toyota Camry boleh saja menjadi salah satu sedan paling terkenal di Indonesia. Banyaknya populasi karena sempat menjadi mobil pejabat di generasi ketiganya jelas menaikkan image-nya.

Namun kehadiran Mazda6 dengan KODO design pada tahun 2013, jelas menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Toyota, hingga versi facelift dari generasi keempatnya tidak lagi memiliki wajah yang mainstream.

Tapi seakan tidak membiarkan pabrikan lain bernapas, PT. Mazda Motor Indonesia juga kembali memberi penyegaran terhadap sedan yang disebut Atenza di negara asalnya tersebut, meski Mazda6 berhasil menyabet gelar OTOMOTIF Award 2014 dalam kategori Best Full Sedan.

Keduanya memiliki panjang lebih dari 4,8 meter dan lebar di atas 1,8 meter, sehingga kepraktisan jelas bukan faktor yang dicari. Kenyamanan pun jadi salah satu hal yang paling dipertimbangkan para eksekutif saat melirik kelas ini, namun fitur yang seakan kini menjadi penting pun tidak boleh dilupakan.

Selain itu, akomodasi, performa, konsumsi, safety, style dan harga tentu juga jadi poin penilaian kami seperti dalam komparasi lainnya. Penasaran siapa yang jadi juaranya? • (otomotifnet.com)



AKOMODASI


Sepintas jika melihat dimensi panjang kedua full sedan tersebut, terlihat New Mazda6 lebih panjang dibanding New Camry. Namun apakah benar?

Di depan, lebar kabin New Mazda6 dari pintu kiri dan kanan terukur 160 cm, namun ekstra 10 cm dibanding New Camry tersebut tidak terlalu terasa, mungkin karena support jok yang cenderung terasa lebih menjepit. Sedangkan cup holder sama-sama terdapat 4 di depan.

Duduk di belakang, penumpang pasti merasa lebih nyaman berada di New Camry generasi ke 4 ini. Jika memajukan jok depan kiri hingga mentok misalnya, panjang ruangnya mencapai 98 cm 4 cm di atas New Mazda6.

Atau bila penumpang depan ingin merasa lega, maka yang di belakangnya masih dapat ruang 8 cm lebih dibanding pada New Mazda 6 yang hanya 66 cm. Tempat untuk menaruh botol pun ada ekstra 2 dibanding di dalam Mazda.

Selain itu, asbak pada setiap door trim pun menjadi nilai plus New Camry, menghasilkan jumlah total tempat penyimpanan hingga 17 kompartemen. Di mana hanya terdapat 13 pada New Mazda6.

Berlanjut ke sektor bagasi, jok belakang New Camry enggak seperti New Mazda6 yang dapat dilipat, namun masih mendapat nilai plus. Tinggi yang dihasilkan 52 cm, lebih tinggi 6 cm dari pesaingnya. Untuk lebarnya, lebih lebar 9 cm.

Sedangkan panjang ruang bagasi New Mazda6 113 cm dengan jok belakang tertutup dan bila dilipat dapat dimaksimalkan hingga 210 cm.•

AKOMODASI:

New Mazda6 vs *
New Toyota Camry 2.5 V **




KONSUMSI


Dilihat dari kapasitas mesin yang sama-sama menggunakan mesin 2.500 cc, konsumsi BBM keduanya memiliki perbedaan yang enggak jauh. Jika dilihat dari kapasitas mesin, pasti yang terlintas adalah konsumsi bensinnya boros.

Setelah mencoba berkendara hemat berkeliling Jakarta menggunakan New Mazda6 yang bermesin Skyactiv-G 4-silinder segaris 2.488 cc, 16 katup, DOHC dengan Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control), OTOMOTIF mencatat konsumsi dalam kota 10 km untuk setiap liter bensinnya. Enaknya, tidak sulit untuk mencatat angka ini, apalagi dapat menjadi lebih hemat ketika memanfaatkan fitur i-STOP yang disediakan.

Tentu dengan melewati kemacetan Jakarta yang kental dengan karakter stop and go di sepanjang jalannya. Untuk konsumsi luar kota mobil ini mampu mencapai nilai yang cukup baik, yakni 12,5 km per liter dan 18 km per liter untuk konstan di kecepatan 100 kpj.

Sedangkan New Camry 2.5 V, yang menggunakan mesin 2 AR-FE 4-silinder segaris 2.494 cc, 16 katup, DOHC dengan Dual VVT-I (Variable Valve Timing with Intelligence), EFI (Electronic Fuel Injection) terasa agak sedikit lebih boros.

Catatan konsumsi dalam kotanya saja hanya menyentuh 9,8 km/liter. Untuk konsumsi luar kotanya, mobil ini mendapat 12 km untuk setiap liter bensinnya. Namun saat dipacu konstan pada kecepatan 100 kpj New Camry menang 0,1 km/liter dibanding New Mazda6, yakni 18,1 km/liter.•


Konsumsi
New Toyota Camry 2.5 V

Dalam Kota 9,8 km/liter
Luar Kota 12 km/liter
Konstan 100 km/jam 18,1 km/liter

New Mazda6

Dalam Kota 10 km/liter
Luar Kota 12,5 km/liter
Konstan 100 km/jam 18 km/liter

KONSUMSI:

New Mazda6 vs **
New Toyota Camry 2.5 V *

EDITOR

Otomotifnet

Top