Jumat,11 Sept 2015 17:26 WIB

Penulis: pewete pewete

Nissan 370Z GT Academy Fairlady Penakluk Silverstone

Foto:

Nissan 370Z GT Academy Fairlady Penakluk Silverstone



OTOMOTIF cukup puas ketika menjajal langsung 370Z versi Nismo di Silverstone. Tapi peserta Nissan GT Academy lebih gokil lagi, mereka berlomba dengan varian yang telah di-upgrade!


Silvertone
- Saat menyaksikan langsung Nissan GT Academy di sirkuit Silverstone, Inggris (20/8). Seluruh konstestan berlomba menggunakan supercar yang sama, yakni Nissan 370Z. Tidak dibiarkan standar tentu, tapi ini adalah versi yang telah di-upgrade oleh bengkel RJN Motorsport.



Mesin Nismo di-tuned ulang oleh RJN Motorsport dan menghasilkan tenaga hingga 410 dk!

Tapi agar fair, seluruh ubahan dibuat sama antar-mobil. Sumber tenaga misalnya, mesin VQ37VHR berkapasitas 3.700 cc yang dipakai telah mengalami peningkatan oleh Nismo. Seperti profil camshaft, exhaust system dan throttle body yang sudah menggunakan sistem fly by wire. Hasilnya adalah tenaga sebesar 410 dk yang disalurkan ke roda belakang!



Tak hanya air radiator, oli mesin, transmisi hingga differential harus melalui oil cooler agar lebih awet

Bengkel yang bermarkas di The Cobden Center, Oxfordshire, Inggris ini memang spesialis Nissan. Serunya lagi, unit yang dipakai memang khusus dibuat untuk ajang pencarian pembalap dari gamer ini.Makanya, tak hanya mesin tapi nyaris seluruh bagian ditingkatkan lagi. Power sebesar itu tentu bakal menyiksa mesin, apalagi kalau dipakai untuk balap ketahanan. Makanya sistem pendingin benar-benar diperhatikan.



Layout dasbor masih standar, hanya indikator yang penting saja yang tersisa

Radiator misalnya diganti dengan lansiran Bespoke, termasuk pendingin oli, mulai dari transmisi, mesin sampai differential. Semuanya diatur oleh pompa elektris. Khusus oli mesin menggunakan sistem dry sump agar temperatur kerjanya tetap stabil.



Jok Recaro dan Cobra bakal memeluk erat driver saat menikung di sirkuit

Begitu juga kaki-kakinya, kalau versi Nismo pakai BBS tapi khusus untuk GT Academy dipasang lansiran Rays Engineering. Sama-sama berdiameter 19 inci, pembungkusnya adalah ban Toyo Proxes R888 ukuran 245/35R19 (depan) dan 265/35R19 (belakang).



Wing belakang sedikit beda, lebih tinggi dari versi Nismo agar aerodinamika lebih baik

Nah, pembeda paling utama dengan versi yang dijajal OTOMOTIF berasal dari interior. Kalau 370Z Nismo masih lengkap jok berikut trim pintu. Tapi rakitan RJN ini sudah terondol alias kosong. Sebuah jok bucket Recaro yang kompatibel dengan pelindung leher Hans ada di sisi pengemudi, sementara sisi penumpang diberikan Cobra, dan keduanya sama-sama pakai safety belt 5 titik buatan Wilans.

Sementara trim pintu sudah beralih dengan bahan karbon, plus roll cage di sekujur kabin. Bodi pun dibuat lebih ringan, tapi sekaligus di-reinforced agar memenuhi standar keamanan FIA. Semoga event selanjutnya bisa nyobain versi balap ini deh… • (otomotifnet.com)



Data Spesifikasi:

Mesin: VQ37VHR, 900 V6, DOHC, 4 Katup per silinder, Dry Sump Tuner: Nismo Kapasitas: 3.700 cc Diameter x Langkah: 95,5 mm x 86 mm Rasio Kompresi: 11:1 Tenaga: 410 dk Manajemen Mesin: Pectel engine management system Sistem Pendingin: Bespoke radiator, Laminova untuk oli mesin dan girboks, pendingin differential dengan pompa elektrik Transmisi: Quaife 6 percepatan sequential Kopling: Twin plate Alcon, Nismo plate LSD Rem Depan: Alcon Racing 6 pot dengan cakram 365 mm x 34 mm Rem Belakang: Cakram 355 mm x 32 mm dengan 4 kaliper, Twin master cylinders with balance bar, Bosch ABS Sokbreker: Bilstein Per: Ohlins Pelek: Rays Engineering 19 x 9 inci (depan), 19 x 10 inci (belakang) Ban: Toyo Proxes R888 245/35R19 (depan), 265/35R19 (belakang) Jok: Recaro HANS Safety Belt: Wilans 5 titik








EDITOR

fauzi

Top