Kamis,31 Des 2015 09:30 WIB

Penulis: bagja

Serunya Transmisi Otomatis All New Toyota Kijang Innova Q A/T Diesel

Foto: Rio

All New Kijang Innova

Jakarta - Libur long weekend kemaren ini, pas berbarengan sesi test drive All New Toyota Kijang Innova diesel tipe Q dengan transmisi otomatis. Mumpung agak panjang, Garut sebagai kota kelahiran orangtua pun jadi tujuan. 

Hanya saja, lihat aplikasi peta di smartphone, sempat ragu juga mengingat hampir tiap rute yang bakal dilewati semuanya memperlihatkan garis merah alias macet. 

Berangkat pukul 22.00 dan sampai di Garut sekitar jam 06.30 memang melelahkan, walau sempat istirahat dan tertidur di rest area. Tapi enaknya All New Kijang Innova tak hanya mesin diesel barunya, 2GD-FTV bertenaga 147 dk. 

Mesin All New Kijang Innova
Mesin All New Kijang Innova

Transmisi otomatisnya jelas sangat membantu supaya kaki enggak terlalu pegal. Tapi kehebatannya tak hanya saat bertarung dengan kemacetan di jalan bebas hambatan. Kemampuan sesungguhnya girboks yang dinamakan Sport Sequential Switchmatic 6 percepatan ini lebih terlihat saat di rute pegunungan atau tanjakan. 

Jalan ke daerah Kamojang melewati beberapa rute menanjak yang cukup curam. Awalnya posisi berkendara masih di mode Eco. Pada mode ini pun sebenarnya tenaga mesin sudah sangat cukup. Kalau tak melihat bagian bawah dasbor ada tombol PWR Mode, OTOMOTIF pasti terlena selalu di posisi Eco. 

Tuas transmisi All New Kijang Innova
Kemampuan sesungguhnya girboks yang dinamakan Sport Sequential Switchmatic 6 percepatan ini lebih terlihat saat di rute pegunungan atau tanjakan

Langsung pencet tombol, seketika karakter mesin dan transmisi berubah. Indikasinya, tulisan PWR Mode warna hijau muncul di layar MID. Rasio gigi 1-nya 3.600 sementara gigi 2 di 2.090 dan gigi 3 yakni 1.488. Bikin perpindahan antar-gigi mengingatkan dulu saat pakai transmisi close ratio. Bahkan sekilas seperti pakai dual clutch. 

Putaran mesin ketika berpindah gigi, hanya turun sedikit, dan berkat tenaga besar dari mesin dieselnya, All New Kijang Innova langsung melaju tanpa jeda. Nah karena di PWR Mode, putaran mesin seakan ditahan lebih tinggi. Sehingga cukup injak pedal gas sedikit saja untuk tetap mendapatkan torsi maksimum. 

All New Kijang Innova
Langsung pencet tombol, seketika karakter mesin dan transmisi berubah.

Lebih serunya lagi, transmisi ini sudah dilengkapi opsi supaya bisa pindah sendiri layaknya girboks manual. Jadi perpindahan gigi sangat tergantung pengemudi. Tinggal dorong tuas ke arah depan untuk menaikkan gigi, sebaliknya untuk down shift. 

All New Kijang Innova
Jalan ke daerah Kamojang melewati beberapa rute menanjak yang cukup curam.

Rasanya, All New Kijang Innova rasanya lebih layak dipilih varian bermesin diesel dengan transmisi matik deh. Puasss… (Rio) 

EDITOR

Bagja

Top