Jumat,20 Jan 2017 18:35 WIB

Penulis: F. Rosano

Suspensi TRD dan Ban Heykers Jadi Revisi Yaris Yang Kami Tunggu

Foto: Rianto Prasetyo

Revisi kaki-kaki pada New Toyota Yaris Heykers membuat bantingan terasa lebih empuk, namun lebih stabil di kecepatan yang tinggi dengan fleksibilitas bertambah karena ground clearance 184 mm

Jakarta - Selain mengganti mesin lama 1NZ-FE dengan 2NR-FE pada New Toyota Yaris, PT Toyota Astra Motor juga menambahkan satu varian ke dalam line-up Yaris-nya yang disebut Heykers.

Bedanya dengan varian Yaris lainnya, yaitu E, G dan TRD Sportivo; New Yaris Heykers didandani ala-ala crossover kecil dengan body part seperti over fender dan lis plastik hitam di sana sini. Namun selain itu, sektor kaki-kaki juga disentuh khusus varian flagship Yaris ini.

Berikut fakta yang anda tahu: Penggunaan ban Bridgestone Ecopia 195/55 R16 yang lebih tebal dibanding Yaris standar menaikkan ketinggiannya sebesar 15 mm, sedangkan penggunaan per dan sokbreker TRD menambahnya lagi sejauh 20 mm.

Totalnya, ground clearance Toyota Yaris Heykers naik 35 mm menjadi 184 mm bila dibandingkan varian Yaris lainnya.

Toyota Yaris Heykers Suspensi
Per dan sokbreker TRD menjaga kestabilan di kecepatan tinggi, sambil membantu memberikan rasa empuk karena traveling distance yang lebih panjang

Bagaimana rasanya? Otomotifnet menjajal New Toyota Yaris Heykers untuk tiga hari dan berpendapat, suspensi TRD dan profil ban lebih tebal pada Heykers ini lah yang jadi revisi pada Yaris yang selama ini kami tunggu-tunggu.

Bila Yaris generasi pertama yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006 memiliki feel suspensi yang cenderung lebih lembut dibanding pesaing utamanya, Honda Jazz, versi All New atau yang kami sebut ‘Yaris Lele’ yang diluncurkan tahun 2014 silam justru terasa sedikit lebih keras dibanding Jazz anyar berkode bodi Gk5.

Untungnya, profil lebih tebal pada ban baru Yaris Heykers ini membuat bantingan terasa jauh lebih soft, termasuk ketika melewati jalan bergelombang hingga lubang sekali pun.

Paket suspensi dari TRD (Toyota Racing Development) Indonesia pun unjuk gigi dengan baik di sini. Bahkan dengan kenaikan jarak minimum dari tanah sebanyak 35 mm sekalipun, gejala limbung sama sekali tak terasa, bahkan body roll pun terasa berkurang dibanding All New Yaris sebelumnya.

Toyota Yaris Heykers
Berbeda dengan Rush TRD Ultimo yang pendekatan kaki-kaki TRD-nya kurang terasa, pada Yaris Heykers efeknya cukup signifikan

Tingkat suspensi depan terasa pas untuk menghantam polisi tidur ketika hanya diisi pengemudi saja, sedangkan suspensi belakang diset lebih keras sehingga bagian belakang tidak berlari-lari saat diajak bermanuver di kecepatan tinggi.

Kami bahkan terkejut ketika hatchback ini diisi 4 penumpang, Yaris Heykers sama sekali tidak terpantul-pantul di kecepatan tinggi, justru dengan anteng menempel ke aspal sambil memberikan rasa bantingan yang empuk ke dalam kabin.

Oh bagian terbaiknya? Ketinggian ala crossover membuat melewati rintangan seperti gundukan yang tinggi jadi jauh lebih percaya diri.

Say what you want about the design, tapi perubahan di sektor kaki-kaki pada Toyota Yaris Heykers jadi poin yang membuat small-hatchback Toyota ini pantas diperhitungkan kembali. Good job!

EDITOR

Fransiscus Rosano

Top