Rabu,20 Maret 2013 17:07 WIB

Penulis: Agus Sulis

Test Konsumsi BBM Suzuki Ertiga AC Double Blower, Apakah Lebih Boros?

Foto: Salim

Test Konsumsi BBM Suzuki Ertiga AC Double Blower, Apakah Lebih Boros?


Umumnya pada mobil dengan fitur AC double blower, punya spesifikasi komponen AC yang berbeda dari single blower. Terutama pada kompresornya. Karena mesti mengakomodir 2 blower. Sehingga tak sedikit yang menganggap mobil ber-AC double blower biasanya lebih boros dari single blower. Apalagi kalau keduanya dipanteng terus.

Untuk menjawab hal tersebut. Kita coba menghitung konsumsi BBM Ertiga GX DB ini dalam kondisi semua blower AC diaktifkan. Baik untuk pemakaian dalam kota, luar kota hingga ketika mobil dipacu pada kecapatan konstan 100 km/jam.

Asyiknya, small MPV bonnet andalan Suzuki yang dilengkapi dual airbag dan rem ABS ini juga sudah dibekali multi information display (MID) yang di antaranya mencantum perhitungan konsumsi BBM averege dan riil secara computerized oleh ECU. Sehingga tidak sulit untuk mengetahui pemakaian bahan bakarnya.

Hasilnya, bila dibandingkan dengan versi single blower (SB) yang pernah diuji sebelumnya, tidak ada perbedaan yang signifikan. Misalnya untuk pemakaian dalam kota, bila pada Ertiga SB average-nya bisa mencapai 13 km per 1 liter Premium, maka pada Ertiga DB mencapai 12,7 km/liter.

Pemakaian luar kotanya malah sedikit lebih irit dibanding versi SB, yakni tembus 16,5 km/liter (versi SB 16,3 km/liter).  Sementara pada kecepatan konstan 100 km/jam hanya terpaut 0,3 km/liter,  masih lebih irit Ertiga SB. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top