Minggu,9 Agust 2015 10:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Alat Kebersihan Kabin Mobil, Jangan Sampai Turun Dari Kabin

Foto: Toncil

Alat Kebersihan Kabin Mobil, Jangan Sampai Turun Dari Kabin



Jakarta
- Menjaga kebersihan kabin menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, dengan kondisi yang panas saat ini, penggunaan AC menjadi tak terelakkan. Nah, AC ini memanfaatkan udara kabin untuk membuatnya dingin atau sejuk.

Bisa dibayangkan jika kabin tak dijaga kebersihannya. Bagi yang sensitif terhadap debu atau kotoran akan mudah diserang penyakit. Untuk menjaganya, jelas harus disiapkan perangkat yang sebaiknya selalu ada di kabin. Sebenarnya, barang-barang tersebut sudah dikenal, tapi kerap disepelekan keberadaannya.



Siapkan lap kering di kabin untuk membersihkan cairan yang tumpah ke jok berbahan kain

Hal pertama yakni kain lap. Siapkan dua model, yakni kering dan lembab (bukan basah). "Lap kering dipakai untuk tumpahan cairan pada jenis kain. Cukup ditekan pada lokasi tumpahan untuk menyedot cairan," sebut Andito, teknisi bengkel Tidar Jaya di kawasan Pajajaran, Bandung.

Setelah itu lap lembab. Jangan pernah menurunkan benda ini dari kabin. Sebab begitu banyak manfaatnya untuk kebersihan kabin. Dengan menggunakan kain lap lembab ini juga bisa dipakai mengangkat kotoran dengan dimensi kecil. "Terkadang kotoran yang sulit dibersihkan. Pakai lap lembab ini dengan cara ditekan, maka kotoran akan menempel," tambahnya.

Meski cukup banyak manfaatnya, tapi usahakan jangan sampai untuk membersihkan yang mengandung minyak. Sebab, jika sudah terkena minyak, untuk sementara jangan dipakai. Setelah terkena paparan minyak, sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan detergen.



Manfaatkan lap lembab untuk berbagai keperluan kebersihan di kabin

Untuk menghalau kotoran yang biasa menempel di karpet, bisa menggunakan sapu kecil. Kemampuannya lebih baik daripada sikat. Sebab sikat cenderung lebih kaku dan kurang bisa menghalau kotoran. Justru akan merusak bulu-bulu karpet.

Penggunaan sapu kecil ini juga menjangkau sudut-sudut kecil yang kurang tersedot oleh mesin sedot debu. Contohnya seperti titik pertemuan antara karpet dasar dengan penjepitnya. Lokasi penyimpanan sapu kecil juga tidak memakan tempat. Dimensinya yang pipih dan kecil bisa diselipkan pada kolong jok. Kabin terlihat tetap rapi dan bersih.

Demi menjaga kebersihan kabin, sebaiknya simpan juga tempat sampah di kabin. Selain menjaga kebersihan kabin, juga menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jika khawatir tempat sampah akan bau atau basah, bisa lapisi dengan kantong plastik terlebih dahulu. Sehingga, sebenarnya sampah akan terbuang ke kantong plastik, tanpa mengenai badan tempat sampah. • (otomotifnet.com)




EDITOR

Otomotifnet

Top