Selasa,29 Des 2015 09:37 WIB

Penulis: parwata

Aplikasi Brake Cleaner, Cegah Bunyi Sebelum Hujan

Foto: Rian/otomotifnet

Aplikasi Brake Cleaner Cegah Bunyi Sebelum Hujan

Jakarta - Sistem pengereman merupakan faktor yang sangat vital bagi keselamatan. Berhubungan memasuki musim hujan, enggak ada salahnya sistem rem diperhatikan lebih detail. Soalnya, bisa saja kotoran atau debu dari jalan setelah selama dipakai dalam kondisi kering, mulai menumpuk dan begitu kena air hujan, kotoran tersebut bisa bikin rem tidak bekerja maksimal.

Keluhan yang paling umum terjadi adanya suara decitan yang berlebih saat pedal rem diinjak. “Sumbernya bisa dari kotoran dan debu yang bersarang pada brake pad,” ujar Almus Hidayat, Sales Manager PT Wealthy Sejahtera.

Untuk membersihkannya, paling bagus memang datangi bengkel dan minta bongkar sistem rem. Tapi kalau mau, bisa juga loh dibersihkan sendiri alias DIY (Do It Yourself). Nantinya, sistem pengereman sebaiknya dirawat setiap kelipatan 20.000 km.

Penanganan pertama bisa menggunakan brake cleaner. Cairan tersebut fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran yang mulai menumpuk. Cara pengaplikasiannya enggak susah.

Salah satunya yang baru adalah Wealthy Brake Cleaner seharga Rp 90 ribu. Kelebihan produk ini adalah non flammable. Jadi usah khawatir saat disemprotkan dan ada percikan api, bakal menyambar dan bikin kebakaran. Merek yang beredar sudah banyak kok, ada Qplus seharga Rp 98 ribu, Cyclo di kisaran Rp 68 ribu atau Cyclo versi heavy duty yang dijual Rp 71 ribu.

Bagi yang ingin melakukan sendiri, simak dulu ya langkah-langkahnya. Namun perlu diperhatikan saat membersihkannya. “Sebaiknya jangan menghirup kotoran-kotoran dari brake pad yang tertiup keluar, karena bila kehirup dapat berbahaya,” tambah Almus. • (otomotifnet.com)

Berikut Langkah pengerjaannya:

01. Pertama-tama dongkrak mobil, lalu copot roda satu per satu. Bila memiliki jack stand lebih baik bisa langsung copot empat roda

02. Untuk membersihkannya semprot bagian permukaan disc brake dan lanjutkan ke kaliper. Debu dan kotoran akan rontok bersama cairan

03. Kalau mau dibuka kalipernya lebih bagus lagi. Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kuncing ring sesuai mobilnya

04. Untuk jenis rem teromol, pertama-tama buka tutup rem dengan cara dikletuk pakai palu. Jangan keras-keras, sekadar untuk mengendurkan tutupnya. Jika sudah terbuka semprotkan brake cleaner di bagian permukaan teromol, juga pada tutupnya

 

EDITOR

Bagja

Top