Kamis,8 Okt 2015 13:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Aplikasi Paint Protection Bodi, Lima Milimicron Pencegah Baret

Foto: OCTA

Aplikasi Paint Protection Bodi, Lima Milimicron Pencegah Baret



Jakarta -Enggak hanya produk kaca film saja yang dimiliki PT V-Kool Indo Lestari (VKIL). Ada produk yang mereka beri nama Paint Protection Film (PPF). Dilihat dari namanya saja, sudah bisa digambarkan bahwa produk tersebut dipakai untuk melindungi permukaan cat.

Menurut Linda Wijaya,  Vice President VKIL, V-Kool PPF menggunakan teknologi true heal. Dimana baret tipis yang terjadi permukaan bodi yang sudah dilapisi, akan hilang dalam sekejap setelah terkena panas saat diparkir atau panas lainnya.



V-Kool PPF tebalnya 0.5 milimicron, elastis jadi gampang ditempelkan

Di V-Kool Flagship Outlet, OTOMOTIF menyaksikan langsung keampuhan dari produk tersebut. Permukaan bodi yang sudah ditempeli V-Kool PPF digosok  dengan menggunakan sikat kawat tipis. Setelah digosok, permukaan yang baret tersebut dipanaskan dengan lampu pemanas. Dalam kondisi normal, hal tersebut sama dengan panasnya sinar  matahari di siang bolong.



Permukaan bodi yang sudah pakai produk tersebut, digosok dengan sikat kawat tipis dan tetap terlihat baret

Tak lama, baret-baret tipis itu sirna hanya dengan proses pemanasan tersebut. “Hanya saja, kalau baretnya terlalu tebal atau bahkan bikin V-Kool  PPF terkelupas. Maka enggak bisa dibalikkan seperti sedia kala,” ucap Roy Lystianto, SPV Ultramaster yang berkantor di Ruko Sentral Kemayoran, Jakpus.



Proses simulasi pemanasan, kurang lebih sama dengan panas matahari di siang bolong. Enggak sampai 5 menit, baret dari sikat kawat tipis sirna

V-Kool PPF mengandalkan lapisan seperti kaca film setebal 5 milimicron. Produk yang selentingan baru akan di perkenalkan secara resmi pada  November 2015 mendatang itu, ada pilihan mirror shine dan efek doff. VKIL menyediakan paket.



Permukaan bodi bagian dalam handle, masuk salah satu bagian yang dipasang karena sering tergores kuku. Permukaan bodi yang dilapisi V-Kool PPF  kilapnya akan tetap terjaga (kiri). Sedangkan yang enggak dilapisi, terlihat kusam dan lama kelamaan akan timbul karat (kanan)

Pada paket tersebut, perlindungan hanya ditempelkan pada bumper depan, fender, ujung pintu dan permukaan bodi bagian dalam dari handle. Tidak pada seluruh bagian bodi. “Untuk jenis city car atau MPV, banderolnya Rp 3,5 juta. Sedangkan untuk yang SUV atau kendaraan besar lainnya, dikenakan Rp 4,5 juta,” terang Roy.

Di dunia auto detailing sendiri pelindungan bodi dari baret itu sudah lama ada, menggunakan teknik coating. "Jadi yang dilindungi adalah lapisan  pernis pada bodi.  Lapisan pelindung itu seperti kaca, jadi kalau baret-baret tipis enggak akan sampai melukai permukaan lapisan pernis," ujar  Yoshua, Manager workshop auto detailing ShowCar Garage di Jl. Meruya Ilir, Jakbar.

Soal biaya, untuk coating 1 bodi dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta dan itu enggak mempengaruhi besar kecilnya kendaraan. Tapi yang jelas,  sebelum proses coating, terlebih dulu harus dilakukan pemolesan . • (otomotifnet.com)











EDITOR

Otomotifnet

Top