Selasa,16 Agust 2016 11:02 WIB

Penulis: otomotifnet

Arti Huruf 'B' di Transmisi New Mitsubishi Mirage, Sebagai Engine Brake

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - New Mitsubishi Mirage sudah siap dipilih calon penggemarnya. Sebelum menjadikan New Mirage sebagai kendaraan harian, ada baiknya untuk mengenal salah satu fiturnya. Sebab, pada tuas transmisi ada huruf B di bawah posisi huruf D. Padahal, biasanya huruf L, S, angka 1 dan 2, yang menandakan posisi gigi lebih rendah.

Memang bukan fitur baru alias versi sebelumnya sudah pakai.Tapi di kelasnya, hanya New Mirage yang pakai fitur ini. “Fitur B pada pilihan pemindahan gigi di transmisi CVT, digunakan untuk mendapatkan efek engine brake,” kata Boediarto, Head of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Technical Service Department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Juga dijelaskan bahwa fitur tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai low range gear. Bermanfaat saat hendak mendahului kendaraan di depan atau juga ketika berada di jalan menanjak.berikut penggunaannya:


1. Ini posisi fitur B di transmisi otomatis milik New Mirage.
2. Memindahkan posisi D ke B, akan memberikan efek engine brake. Putaran mesin juga akan naik seiring perpindahan tersebut.
3. Mesin kendaraan dengan transmisi CVT, cenderung nyelonong ketika turunan. Pada titik tertentu, pengereman juga kurang membantu. Dengan memindahkan tuas transmisi ke B, enggak akan nyelonong lagi.
4. Cara kerjanya dengan membatasi perubahan diameter pulley penggerak CVT dalam range tertentu (low range), sehingga rpm/putaran mesin akan terjaga medium guna mudah mendapatkan tenaga/akselerasi. Analogi sederhananya adalah kalau di posisi D tersedia gigi 1~5 (transmisi manual), jika di B hanya tersedia gigi 1~3 (transmisi manual).

EDITOR

Bagja

Top