Senin,13 Juni 2016 09:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Atasi Anak Kunci Seret Semprot Berulang Biar Lancar

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Semprotkan pembersih karat ke lubang kunci, lalu masukan kunci dan putar kunci secara berulang. Cabut kunci dan semprot kembali cairan pembersih karat, lakukan berulang sampai terasa sudah tidak seret lagi

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Jangan paksa cabut kunci dari lubang kunci jika terasa tersendat, ini salah satu penyebab lubang kunci menjadi seret

Jakarta - Kini, kebanyakan proses buka tutup pintu sudah menggunakan remote. Biasanya, anak kunci pun jarang digunakan. Nah kalau tak sering diperhatikan, bukan tak mungkin ada kotoran yang numpuk dan bikin lubang kunci jadi susah dimasukkan. Misal saja pada Suzuki APV milik redaksi OTOMOTIF, karena anak kunci jarang dipakai plus rutinitas penggunaan yang sering dan berganti-ganti orang.

Alhasil kelamaan lubang tersebut jadi seret. Jika sudah seperti ini, bisa semprot saja dengan cairan pembersih karat atau contact cleaner. Sedang untuk melumasi supaya anak kunci lancar masuk ke lubangnya, gunakan penetran atau silicon spray.

“Kalau sudah seret biasanya disemprot dengan cairan pembersih karat,” ujar Gesang dari PT. Indomobil Multi Trada Bintaro. Lakukan secara berulang, hingga lubang kunci sudah tidak terasa seret kembali. Jika masih seret, disarankan untuk menggantinya.

“Soalnya penyebab seret juga bisa karena bagian dalam kunci tersebut berbahan plastik. Bisa jadi plastik tersebut sudah getas, karena faktor dari usia mobil tersebut,” bilang pria ramah ini. • 

 

 

 

 

 

EDITOR

Bagja

Top