Jumat,2 Sept 2016 14:05 WIB

Penulis: otomotifnet

Atasi Suara Jangkrik Pada Kopling Daihatsu Ayla

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Foto 3

Jakarta - Sebagian masyarakat kota besar, kini lebih cenderung memilih menggunakan mobil dengan transmisi matik, karena tidak terlalu membuat kaki jadi pegal. Walau tidak sedikit yang masih setia menggunakan transmisi manual.

Para pengguna Daihatsu Ayla khususnya yang bertransmisi manual, pernah mengalami gejala kopling berbunyi seperti suara jangkrik? Jika ya, sama halnya seperti yang terjadi oleh beberapa anggota dari komunitas Daihatsu Ayla Indonesia (DAI).

“Suara yang terdengar seperti suara jangkrik, krik… krik… krik,” ungkap Rizky dari komunitas DAI. Masalah tersebut ternyata bersumber dari setelan kopling yang tidak sesuai. Bisa juga disebabkan dari kopling yang sudah butuh perawatan atau harus diganti karena pemakaian.

Cara pertama mengatasinya bisa dengan menyetel ketinggian pedal kopling. Ideal jarak ketinggian pedal dari dasar sampai atas, yaitu sekitar 15 cm dan free play-nya sekitar 3 cm.  

“Kalau suara masih terdengar, biasanya sih langsung bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan yang lebih dalam,” jelas pria ramah ini.

Bisa juga memeriksa mendalam soal komponen dalam kopling, biasanya ada sumber lain, yakni dari release bearing yang kurang pelumasan atau sudah harus diganti. Bagaimana detailnya, silahkan lihat urutan berikut. * TK

1.  Ukur jarak pedal kopling menggunakan penggaris, ketinggian pedal dari dasar sekitar 18 cm
2.  Pengaturan kopling bisa dilakukan sendiri, putar mur penyetel kabel kopling ke kanan atau ke kiri, jika ingin menurunkan pedal kopling, putar ke  kanan dan untuk menaikan kabel kopling, putar ke kiri
3. Jika sudah melakukan penyetelan dan suara masih terdengar, hal itu bisa disebabkan oleh release bearing dan komponen lainya yang perlu diganti.
“Komponen kopling harus digganti jika penggunaan sudah mencapai 70.000 km sampai 80.000 km,” ungkap Chairul dari Astra Daihatsu Ciledug, Tangerang.

 

EDITOR

Bagja

Top