Rabu,29 Juni 2016 12:01 WIB

Penulis: otomotifnet

Bedah Fitur All New Audi A4 2.0 TFSI Quattro, Perdana Apple Carplay

  • Foto: sano/otomotifnet

    Apple Carplay Dan Android Auto

  • Foto: sano/otomotifnet

    MMI Navigation

  • Foto: sano/otomotifnet

    Three Zone Automatic Air Conditioning

  • Foto: sano/otomotifnet

    Virtual Cocpit

Jakarta - Tahu sulit bersaing dengan kompetitor Jerman lainnya, PT Garuda Mataram Motor menyematkan fitur berlimpah ke sedan kompak premiumnya, A4. Bukan main, bahkan beberapa fitur yang belum hadir di kelasflagship Audi seperti A8 dan Q7 pun dihadirkan di  All New Audi A4 2.0 TFSI Quattro ini.

Dibanderol Rp 1,2 miliar, berbagai macam fitur mulai dari yang cukup simpel seperti AC tiga zona sampai ke yang benar-benar baru pertama diperkenalakan ke Indonesia, hal ini membuat pesaing Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri 3 ini patut diperhitungkan. Berikut lima fitur anyarnya:• (otomotifnet.com) / Sano

Three Zone Automatic Air Conditioning

Memang bukan hal baru di kelas yang lebih mewah, namun cukup mengagumkan melihat sebuah sedan kompak premium bisa disematkan fitur ini, karena semua pesaingnya hanya Dual Zone saja.

Sesuai namanya, temperatur AC di dalam kabin bisa diset berbeda-beda untuk tiga zona yang berbeda, yaitu pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang, sehingga tidak perlu berdebat jika di depan mau dingin dan belakang lebih memilih hangat. Meskipun begitu, pengendali kipas tetap secara global dan tidak terpisah-pisah.

Virtual Cocpit

Menggantikan jarum konvensional, layar 12,3 inci beresolusi tinggi yang ditenagai prosesor dan graphic card Nvidia Tegra, menghadirkan sensasi mengemudikan layaknya sebuah pesawat. Ya, ini Virtual Cockpit yang sama dengan yang pernah OTOMOTIF bahas pada milik All New Q7.

Namun fitur ini tidak langsung dibanderol pada kedua varian, calon pembeli perlu mengeluarkan tambahan Rp 65 juta dari varian Quattro untuk memperolehnya dan tidak bersifat add on. Di sisi lain, Semi Virtual Cockpit dengan instrument cluster bergaya 3D tetap membuat kabin terasa modern dengan pilihan tab On Board Computer, Media, Connectivity dan Navigation.

Apple Carplay Dan Android Auto

Meski sudah diperkenalkan di dunia selama hampir 2 tahun, belum ada pabrikan lain yang memasukkan salah satu fitur ini ke Indonesia sampai sekarang. Kini, All New Audi A4 membawa keduanya langsung pada layar head unitnya. Untuk yang belum familiar, kedua sistem ini akan menampilkan penampilan ala smartphone pada layar head unit dengan interface yang sudah disederhanakan agar pengoperasiannya lebih mudah.

Menggunakannya pun mudah, cukup sambungkan iPhone via kabel Lightning atau smartphone Android via kabel USB (perlu unduh aplikasi di Play Store), kemudian lakukan pengaturan dan voila! Apple CarPlay atau Android Auto hadir di mobil.

MMI Navigation

Mirip pada varian flagship, All New Q7, pada All New Q7 juga sudah diberikan Multi Media Interface Navigation Plus. Sistem hiburan kabin ini memiliki layar 8,3 inci dan resolusi yang cukup tinggi, juga ditenagai Nvidia Tegra. Bedanya dengan Q7, pengendalinya hanya kenop rotary saja, dengan touchpad di atasnya.

Fitur dari MMI ini pun tidak bisa diremehkan, mulai dari DVD Player, dua slot untuk SDXC Memory Card, Jukebox dengan memori 10 GB dari hard drive, Bluetooth, slot SIM Card, hingga navigasi yang sangat dibanggakan oleh Audi. Bila belum cukup, ada juga sound system premium dari Bang & Olufsen dengan 19 speaker dan 3D Sound.

Predictive Efficiency Assistant

Berupa fitur keselamatan, ini juga terdapat di SUV Q7. Fitur ini terintegrasi dari program navigasi dan kamera yang diletakkan di belakang spion tengah, akan mengingatkan dengan memberi notifikasi kepada pengemudi untuk berkendara lebih hemat.

Pesan yang beragam seperti speed limit, bend untuk menunjukkan adanya jalan menikung, junction ketika akan ada perempatan, roundabout saat mendekati bundaran, donwhill gradient, vehicle travelling ahead, hingga gambar kaki untuk berakselerasi atau deselarasi jika terdeteksi akan ada tanjakan atau turunan di depan untuk membantu pengemudi menghemat bahan bakar lebih banyak.

 

EDITOR

Bagja

Top