Selasa,13 Okt 2015 09:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Bersihkan Katup EGR Mitsubishi Pajero Sport Diesel

Foto: Hardy

Bersihkan Katup EGR Mitsubishi Pajero Sport Diesel

Jakarta - Salah satu fungsi EGR (Exhaust Gas Recirculation) untuk mereduksi emisi gas buang. Bayangkan jika terjadi EGR malfunction, emisi gas buang akan tinggi dan kendaraan cenderung boros. "Tentunya katup EGR perlu dilakukan perawatan agar tidak macet, yang disebabkan penumpukan kerak hasil pembakaran," jelas M Soleh Jusuf, punggawa Sigma Speed di Pancoran, Jaksel .

Pada Mitsubishi Pajero Sport diesel misalnya, membersihkan katup EGR tidak sulit. Hal ini dikarenakan peletakannya yang mudah diakses. Biasakan membersihkan EGR setiap 20.000 KM. Mau di bawah 20.000 KM juga tidak masalah. Memang tidak ada aturan baku berapa kilometer.

"Tergantung kualitas bahan bakar yang digunakan. Kalau sering dibersihkan tentu kerak tidak terlalu banyak dan mudah membersihkannya," terang Wawan Kurniawan, Kepala Bengkel Mitsubishi Lautan Berlian di Kebun Jeruk, Jakbar.

Jangan sungkan minta bengkel langganan untuk membersihkannya. Tapi jika hobi DIY (Do It Yourself) juga bisa kok caranya cukup mudah. Kurang lebih memakan waktu 45 menit. Sediakan kunci ratchet, kunci sok panjang ukuran 12 mm dan 14 mm, kunci ring 10 mm, 1 kaleng carburetor cleaner, dan kain lap bersih. Yuk ikutin step-step berikut. • (otomotifnet.com)



01. Jangan melakukan prosedur ini saat keadaan mesin panas. Langkah awal sebaiknya melepas terminal negatif aki dengan menggunakan kunci ring 10 mm. Hal ini sebagai prosedur safety agar tidak terjadi konsleting atau lampu check engine menyala.



02. Lepaskan soket katup EGR. Caranya mudah kok. Tekan pengunci soket letaknya dibagian tengah atas. Kemudian tinggal ditarik soketnya hingga terlepas dari katup EGR.



03. Gunakan ratchet dan kunci sok panjang 14 mm untuk membuka baut pengikat EGR yang menempel di intake manifold. Cara membukanya normal seperti biasa putar ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Oh ya ada 4 baut yang perlu dibuka dengan kunci sok 14 mm.



04. Ada 2 baut lagi tapi kali ini ukurannya lebih kecil, 12 mm. Gunakan ratchet yang sama dan ganti kunci sok panjang dengan ukuran 12 mm. Letaknya di bagian bawah berhubungan dengan oil cooler.



05. Gunakan carburetor cleaner untuk membersihkan katup yang kotor. Gosok dengan kain lap yang bersih untuk menyeka kotoran yang membandel. Bersihkan juga pipa pendek yang mengubungkan EGR ke oil cooler. Pastikan semua bagian EGR benar-benar kering sebelum dipasangkan kembali.



EDITOR

Otomotifnet

Top